Kenapa Topi Tentara Inggris Penjaga Ratu Elizabeth Panjang? Ini Alasannya

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 07:30 WIB
Mengintip Kemegahan Kastil Windsor Kediaman Raja-raja Inggris
Foto: Getty Images/Kenapa Topi Tentara Inggris Penjaga Ratu Elizabeth Panjang? Ini Alasannya
Jakarta - Detikers tentunya pernah melihat, para tentara Inggris penjaga Ratu Elizabeth II memiliki atribut yang unik. Mereka memakai topi berwarna hitam, terbuat dari bulu, dan sangat tinggi.

Namun, rupanya seragam penjaga yang mencolok ini memang tidak didesain dengan tujuan estetis. Dilansir dari Live Science, seragam mereka dirancang sebagai atribut melawan musuh Inggris selama tahun 1800-an.

Topi yang tinggi berwarna hitam dan tunik merah itu sengaja dirancang agar bisa mengintimidasi lawan. Dikutip dari Live Science, gagasan ini digunakan saat Inggris melawan Prancis pada perang Napoleon.

"Idenya adalah, membuat prajurit terlihat lebih tinggi sehingga lebih menakutkan," kata pengamat kerajaan Richard Fitzwilliams yang berbasis di London.

Topi penjaga Ratu Elizabeth II ini dikenal sebagai bearskin atau kulit beruang, karena terbuat dari bulu hewan tersebut. Beruang yang bulunya diambil untuk membuat helm setinggi 46 sentimeter ini adalah Ursus americanus.

Sebagian orang tidak nyaman dengan gagasan ini dan mulai membicarakan pelarangan penggunaan topi. Sejak Inggris keluar dari Uni Eropa pada 2020, sudah ada pembicaraan soal pelarangan perdagangan bulu sama sekali.

Menurut Fitzwilliams, penjaga ratu yang memakai topi tinggi tersebut tidak hanya melakukan tugas seremonial. Mereka semua merupakan tentara yang juga melakukan tugas kemiliteran aktif secara bergantian.

Untuk tuniknya yang berwarna merah dikenakan selama bulan-bulan di musim panas. Sedangkan mantel berwarna abu-abu dipakai selama musim dingin. Ada berbagai rumor yang melatari pemilihan tunik merah tersebut.

Salah satunya adalah pemilihan warna merah menyamarkan noda darah yang dianggap buruk secara moral. Noda ini tidak sedap dipandang sehingga ditutupi dengan warna yang serupa darah.

Tetapi, Fitzwilliams yakin rumor tersebut tidak tepat karena alasan sebenarnya berkaitan dengan keuangan. Dengan keterbatasan teknologi pewarnaan saat itu, merah adalah warna yang mudah diperoleh

"Alasan tentara Inggris secara tradisional memakai warna merah adalah karena itu adalah pewarna yang paling murah dan paling mudah didapat," kata Fitzwilliams.

Selain murah dan mudah diperoleh, merah memudahkan seorang tentara dikenali saat pertempuran. Hasilnya dia mudah dibedakan dari musuh dan mencegah diserang pihak sendiri.

Menurut Fitzwilliams, tradisi topi tinggi penjaga Ratu Elizabeth II membuat bangsawan Inggris terkenal di seluruh dunia. Mereka adalah salah satu fitur wisata yang sangat menarik di London.

Simak Video "Gaya Kate Middleton-Camilla di Gala Premiere Film James Bond"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia