Arti Kun Fayakun Dalam Al Quran Surat Yasin ayat 82

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 22 Sep 2021 19:30 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Foto: iStock/Arti Kun Fayakun Dalam Al Quran Surat Yasin ayat 82.
Jakarta - Kun Fayakun artinya dapat dilihat dalam Al Quran surat Yasin ayat 82. Kalimat kun fayakun mungkin tidak terdengar asing, namun tidak semua kaum muslim mengetahui maknanya,

إِنَّمَآ أَمْرُهُۥٓ إِذَآ أَرَادَ شَيْـًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Arab latin: Innamā amruhū iżā arāda syai`an ay yaqụla lahụ kun fa yakụn

Artinya: Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia.

Dikutip dari buku Manusia Mengeluh, Al Quran Menjawab ayat dengan arti kun fayakun di dalamnya ini ingin menjelaskan kehendak Allah SWT. Ayat juga ingin menjelaskan cara Allah SWT mewujudkan kehendaknya.

"Segala sesuatu yang dikehendaki Allah SWT apabila ingin diwujudkan cukup berkata kun fayakun. Artinya, Allah SWT tidak membutuhkan sesuatu yang lain kecuali zatNya sendiri," tulis buku karya Agoes Noer Che tersebut.

Allah SWT tidak membutuhkan apa pun untuk menjadikan kehendakNya, kecuali kehendakNya sendiri. Kehendak Allah SWT dapat diwujudkan hanya dengan mengatakan kun, tanpa ada jeda atau selisih waktu.

Aturan ini tidak hanya berlaku untuk anugerah, tapi juga hal lain yang bersifat perubahan atau pergantian. Dalam waktu dekat, Allah SWT dapat menciptakan sesuatu yang tak terhitung jumlahnya.

Arti Kun Fayakun lainnya adalah ingin mengingatkan manusia supaya jangan terlalu sombong dengan logika atau caranya berpikir. Sebagai Yang Maha Kuasa, Allah SWT mampu membalik hal mustahil menjadi mungkin atau sebaliknya.

Semoga tulisan yang membahas arti Kun Fayakun ini dapat meningkatkan keimanan kita pada Allah SWT. Amin.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia