DKI Jakarta Darurat Polusi Udara, Apa Dampaknya bagi Kecerdasan?

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 18 Sep 2021 08:45 WIB
Polusi udara masih jadi salah satu persoalan yang terus diupayakan solusinya di Jakarta. Berikut penampakan Kota Jakarta yang tampak dikepung kabut polusi.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakpus mengabulkan gugatan Koalisi Ibu Kota tentang polusi udara. Surat keputusan mengenai hal ini dibacakan di Negeri Jakarta Pusat pada Kamis (16/09/2021).

Gugatan tersebut datangnya dari kelompok masyarakat yang menamakan diri mereka sebagai Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota). Tuntutannya adalah agar pemerintah dapat mengendalikan polusi udara.

Pihak tergugat dalam kasus ini adalah Presiden, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Gubernur DKI Jakarta. Di samping itu, tercantum juga tergugat Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten.

Hakim memberi putusan berdasarkan sejumlah bukti yang mengungkapkan kondisi udara di DKI Jakarta. "Menimbang berdasarkan bukti dokumen serta kesaksian ahli dari para penggugat menunjukkan bahwa DKI Jakarta tidak optimal dalam memenuhi baku mutu udara ambien atau BMUA nasional maupun daerah untuk rata-rata tahunan parameter ozone atau O3 PM10 dan Pm2,25 sejak tahun 2014 sehingga gugatan ini diajukan, dan para tergugat pun tidak membantah fakta tersebut," kata hakim Duta Baskara.

Lantas, sebetulnya apa dampak polusi udara bagi kecerdasan? Siswa perlu mengetahui hal ini.

Dampak udara bagi kecerdasan >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia