Siswa, Ini Lho 11 Danau Terbesar di Indonesia dari Sumatera Sampai Papua

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 17 Sep 2021 10:00 WIB
Danau Matano
Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia tak hanya memiliki gunung dan laut yang tersebar di berbagai daerah, namun juga memiliki danau-danau terbesar yang indah.


Secara umum, danau atau genangan air yang dikelilingi daratan di Indonesia tersebar merata mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Namun, di antaranya banyaknya danau tersebut, terdapat 11 danau terbesar di Indonesia. Apa saja danau tersebut?


Daftar 11 Danau Terbesar di Indonesia dikutip dari laman resmi Kemenparekraf:


1. Danau Toba


Bukan rahasia lagi jika Danau Toba yang berada di Sumatera utara ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Danau ini memiliki luas 1.130 Km dengan kedalaman hingga 505 meter.


Saking luasnya danau ini mencakup 7 perbatasan kabupaten yang berbeda lho. Tak hanya itu, Danau Toba juga menjadi danau terbesar di Indonesia dan ke-15 di dunia.


2. Danau Towuti


Danau terbesar kedua di Indonesia adalah Danau Towuti. Danau yang memiliki luas permukaan mencapai 561 km persegi di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.


Danau tektonik yang berusia jutaan tahun ini merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Danau ini merupakan salah satu dari 12 danau purba yang

ada di dunia.


3. Danau Poso


Danau terbesar selanjutnya masih berada di pulau Sulawesi tepat di Sulawesi Tengah. Danau terbesar ketiga tersebut ialah danau tektonik purba yakni Danau Poso yang terletak di Kabupaten Poso.


Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 km persegi. Dengan kedalaman mencapai 450 meter membuat Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia.


Meski berada di ketinggian 657 mdpl, gelombang air di danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut. Danau ini memiliki unsur yang unik dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan.


4. Danau Sentarum


Urutan keempat ada Danau Sentarum yang merupakan danau berjenis floodplain yang terletak di Kalimantan Barat. Meski kedalaman maksimumnya hanya mencapai 8 meter, tapi danau ini memiliki luas sekitar 127 ribu hektar.


Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan di setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.


5. Danau Tempe


Berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Danau Tempe memiliki luas permukaan mencapai 350 km persegi. Danau ini hanya memiliki kedalaman 5 meter karena proses sedimentasi.


6. Danau Paniai


Danau ini berada di ketinggian 1.742 mdpl lho. Berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua dan mempunyai luas 195 km persegi dengan kedalaman mencapai 50 meter. Sayangnya, akses ke danau ini masih cukup sulit untuk wisatawan karena cukup jauh dari Kota Jayapura.

Danau Matano hingga Maninjau >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia