Pendapatan Nasional: Arti Menurut Ahli, Rumus, dan Manfaat

Olivia Sabat - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 17:45 WIB
Nelayan menunjukkan ikan layar tangkapannya di Pantai Jumiang, Pamekasan, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Pengertian pendapatan nasional. Nelayan menunjukkan ikan layar tangkapannya di Pantai Jumiang, Pamekasan, Jawa Timur. (Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Jakarta -

Pendapatan nasional adalah jumlah seluruh pendapatan yang diterima masyarakat atau rumah tangga keluarga dalam satu negara selama periode waktu tertentu biasanya dalam waktu satu tahun.

Detikers, ini membuktikan pendapatan atau hasil kerja ternyata tidak hanya dimiliki perorangan, lho. Negara pun juga punya pendapatan yang disebut pendapatan nasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendapatan nasional, simak pengertiannya menurut para ahli di bawah ini, yuk!

Pendapatan Nasional Menurut Ahli

Dikutip dari laman web Universitas Bung Hatta, berikut ini adalah pengertian pendapatan nasional menurut para ahli.

1. Arthur Cecil mengartikan, pendapatan nasional adalah pendapatan objektif masyarakat di suatu negara, termasuk juga pendapatan luar negeri yang bisa diukur dalam bentuk tunai.

2. Irving Fisher mendefinisikan, pendapatan nasional adalah sebuah pendapatan dasar yang dikonsumsi langsung pada tahun yang sama.

3. Alfred Marshall menjabarkan, pendapatan nasional adalah pekerjaan dan modal yang dilakukan suatu negara untuk memroses sumber daya alamnya dengan tujuan memperoleh hasil bersih dalam bentuk material dan non-material.

Dari mana pendapatan nasional diperoleh?

Berdasarkan Modul Pembelajaran SMA Ekonomi Kelas XI yang disusun oleh Kemdikbud, pendapatan nasional diperoleh dari seluruh kegiatan ekonomi negara. Kegiatan ekonomi ini menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Kegiatan ekonomi tersebut tentunya melibatkan seluruh masyarakat, baik pemerintah, swasta, hingga rumah tangga atau individu. Nah, besarnya pendapatan nasional ditentukan oleh jumlah produk yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi.

Terdapat beberapa hal yang memengaruhi pendapatan nasional. Pertama adanya permintaan dan penawaran, konsumsi dan tabungan, investasi, dan kualitas sumber daya manusia. Kemudian keadaan sumber daya alam, ketersediaan modal, serta stabilitas dan kebijakan pemerintah.

Manfaat Pendapatan Nasional

Setelah mengetahui pengertiannya, pasti detikers bertanya-tanya kenapa, sih kita harus mempelajari pendapatan nasional? Dengan mempelajari terkait pendapatan nasional, kita akan mendapat beberapa manfaat, seperti

1. Mengetahui dan menganalisis struktur ekonomi suatu negara. Apakah memiliki struktur ekonomi industri, jasa, atau agraris.

2. Sebagai alat pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

3. Membandingkan perekonomian antarnegara di dunia.

4. Sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara dalam kurun waktu tertentu bisa tahun per tahun karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun.

Selain itu, dengan mempelajari pendapatan nasional kita bisa mengetahui kemajuan perekonomian masyarakat dan berbagai hal, seperti

1. Mendapatkan taksiran tepat dan akurat terkait nilai barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat sebuah negara dalam kurun waktu satu tahun.

2. Membantu membuat perencanaan serta pelaksanaan program pembangunan berjangka untuk mencapai tujuan pembangunan.

3. Melakukan pengkajian dan pengendalian faktor-faktor yang bisa memengaruhi tingkat perekonomian sebuah negara.

Selanjutnya rumus pendapatan nasional >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia