Kerajaan Islam yang Berdiri Pertama di Abad 13, Perlak hingga Samudra Pasai

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 18:00 WIB
The sun shines behind the Omar Mosque in Berlins Kreuzberg district just hours before the start of the Muslim holy fasting month of Ramadan on April 23, 2020. (Photo by David GANNON / AFP)
Foto: AFP/DAVID GANNON/Kerajaan Islam yang Berdiri Pertama di Abad 13, Perlak hingga Samudra Pasai.
Jakarta - Islam telah lama mewarnai kebudayaan masyarakat hingga tak mungkin lagi dilepaskan. Sejarah mencatat kerajaan Islam yang berdiri pertama kali di abad ke-13. Menurut perhitungan, abad ke-13 dimulai pada 1201 hingga 1300.

Dikutip dari situs Indonesiabaik, ada tiga kerajaan Islam yang mewarnai sejarah Indonesia di abad 13. Ketiganya berada di pulau Sumatera dan Maluku. Berikut sejarah singkat tiap kerajaan,

Kerajaan Islam yang berdiri pertama kali di abad 13

1. Kerajaan Perlak

Sejarah Kerajaan Perlak sebetulnya telah dimulai jauh sebelum abad 13. Kerajaan ini berdiri pada 1 Muharram 225 H atau 840 Mdi wilayah Peureulak, Aceh Timur. Perlak mengalami masa jaya sebelum runtuh pada 1292 M.

Raja Perlak pertama adalah Saiyid Abdul Azis dengan gelar Sultan Aladin Saiyid Maulana Abdul Aziz Shah. Penguasa terakhir adalah Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan. Saat dia meninggal, Perlak disatukan dengan Samudera Pasai di zaman Sultan Muhammad Malik Al Zahir.

2. Kerajaan Ternate

Berdiri pada 1257 M, Kesultanan Ternate dikenal juga dengan sebutan Kerajaan Gapi. Raja Ternate pertama yang memeluk Islam adalah Gapi Baguna atau Sultan Marhum.

Setelah wafat, kedudukan Sultan Marhum digantikan putranya Zainal Abidin. Sejarah kerajaan Ternate diwarnai perjuangan melawan Portugis yang ingin berkuasa di wilayah tersebut. Perlawanan ini mewaskan Sultan Hairun pada 1570 yang meresmikan perjanjian perdamaian.

3. Kerajaan Samudra Pasai

Samudra Pasai yang berdiri pada 1267 adalah salah kerajaan Islam paling tua dan terbesar di Indonesia. Kerajaan ini didirikan Marah Silu atau Sultan Malik as-Saleh di sekitar Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Keberadaan Samudra Pasai diketahui lewat peninggalan sebuah koin emas, yang menjadi mata uang kerajaan. Samudra Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan dan dakwah Islam. Kerajaan ini runtuh setelah diserang Portugis pada 1521 M.

Sejarah Indonesia mencatat ada tujuh Kerajaan Islam tertua di Indonesia. Selain tiga yang telah disebutkan, masa ada empat kerajaan lain yang berdiri pada abad 14-16.

Kerajaan atau kesultanan tersebut adalah Pagaruyung, Malaka, Cirebon, dan Demak. Sejak saat itu Islam terus berkembang hingga sekarang bersama seluruh penduduk Indonesia.

Penjelasan kerajaan Islam yang berdiri pertama kali di abad 13 ini semoga bisa menjawab keingintahuan detikers ya. Selamat membaca.

Simak Video "Pimpinan Komisi VII DPR Bikin Ormas, Gandeng Eks Aktivis BEM SI"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia