Pasal 31 UUD Negara Republik Indonesia 1945, Tentang Apa?

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 14:00 WIB
SLBN A Kota Bandung mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Para siswa pun bersyukur dengan adanya tatap muka tersebut.
SLBN A Kota Bandung mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Pasal 31 UUD 1945 di antaranya mencantumkan hak warga negara untuk mendapat pendidikan. Foto: Yudha Maulana
Jakarta - Pasal 31 UUD Negara Republik Indonesia 1945 adalah salah satu pasal yang mengalami perubahan pada Amandemen UUD 1945 yang keempat. Nah, pasal 31 UUD Negara Republik indonesia adalah tentang apa saja, ya?

Pasal 31 UUD Negara Republik Indonesia 1945 terdapat dalam Bab XIII Pendidikan dan Kebudayaan dalam UUD 1945. Dalam Bab XIII, terdapat dua pasal, yaitu pasal 31 dan pasal 32, seperti dikutip dari UUD 1945 dan Amandemennya untuk Pelajar dan Umum oleh Tim Grasindo.

Pasal 31 UUD Negara Republik Indonesia 1945

Pasal 31 UUD 1945 mengalami perubahan pada amandemen keempat di Sidang Tahunan MPR tanggal 1-11 Agustus 2002. Amandemen tersebut disahkan pada 10 Agustus 2002.

- Pasal 31 UUD 1945 sebelum amandemen

(1) Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran

(2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.

- Pasal 31 UUD 1945 setelah amandemen UUD 1945 yang keempat

(1) warga negara berhak mendapat pendidikan

(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.

(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Ayat-ayat pasal 31 UUD 1945 setelah amandemen keempat melengkapi ayat-ayat sebelum amandemen tentang pendidikan.

Pasal 31 UUD Negara Republik indonesia adalah tentang:

  • hak warga negara atas pendidikan
  • kewajiban warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar
  • kewajiban pemerintah membiayai pendidikan dasar warga negara
  • usaha dan penyelenggaraan sistem pendidikan nasional oleh pemerintah
  • prioritas anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBN dan APBD oleh pemerintah
  • pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh pemerintah dengan menunjang tinggi nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia

Nah, jadi pasal 31 UUD Negara Republik indonesia 1945 adalah tentang hak dan kewajiban warga negara dan pemerintah, serta prioritas pemerintah terkait pendidikan ya detikers. Selamat belajar!

Simak Video "Survei SMRC: 78% Rakyat Indonesia Tak Setuju Amandemen UUD 1945"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia