2 Negara Bagian Amerika Serikat yang Terpisah dari Daratan Utama

Kristina - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 17:30 WIB
Honolulu, Hawaii
Foto: iStock/2 Negara Bagian Amerika Serikat yang Terpisah dari Daratan Utama
Jakarta - Amerika Serikat merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan federal dengan memberikan kepercayaan penting kepada negara bagian. Amerika Serikat memiliki dua negara bagian yang terpisah dari daratan utama.

Secara geografis, Amerika Serikat terletak di kawasan benua Amerika Utara. Negara ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat dan Samudera Atlantik di sebelah timur. Sementara itu, di sebelah utara berbatasan dengan Kanada dan sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Meksiko.

Amerika Serikat merupakan negara federasi tertua dan masih berlangsung hingga saat ini. Melansir White House, sistem pemerintahan federal terdiri dari tiga cabang yang berbeda, yakni legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang mana kekuasaannya diberikan oleh Konstitusi Amerika Serikat dalam Kongres, Presiden, dan pengadilan federal.

Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian. 48 negara bagian berbatasan dengan garis lintang tengah benua. Sementara 2 negara bagian Amerika Serikat terpisah dari daratan utama.

Adapun, negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari daratan utamanya adalah Alaska di ujung barat laut Amerika Utara dan negara bagian pulau Hawaii, di tengah Samudra Pasifik.

Alaska adalah koloni Rusia dari tahun 1744 sampai Amerika Serikat membelinya pada tahun 1867 seharga $7,200,000. Wilayah tersebut kemudian dijadikan negara pada tahun 1959. Sementara itu, Hawaii adalah kerajaan sampai 1893 dan menjadi republik pada tahun 1894. Kemudian, menyerahkan dirinya ke Amerika Serikat pada tahun 1898 dan menjadi negara pada tahun 1959, dilansir dari The Guardian.

Negara Bagian Amerika Serikat yang Terpisah dari Daratan Utama

Berikut profil geografis dari negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari daratan utama:

1. Alaska

Dikutip dari alaska.gov, Alaska adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat. Luas tanahnya mencapai 586.412 mil persegi, atau sekitar 365.000.000 hektar atau seperlima ukuran 48 negara bagian lainnya.

Alaska memiliki garis pantai 33.904 mil. Perkiraan garis pantai pasang surut, termasuk pulau-pulau, inlet dan garis pantai ke kepala air pasang, adalah 47.300 mil. Wilayah laut yang berdekatan dengan Alaska adalah Samudra Pasifik Utara, Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi, Samudra Arktik.

Negara bagian Amerika Serikat ini memiliki 39 pegunungan yang berisi 17 dari 20 puncak tertinggi di Amerika Serikat. Di Alaska terdapat Gunung Denali (20.320 kaki) yang merupakan gunung tertinggi di Amerika Utara.

2. Hawaii

Negara bagian Hawaii atau Kepulauan Hawaii terletak di Samudera Pasifik, bersebelahan dengan wilayah barat daya Amerika Serikat. Lebih tepatnya, Hawaii terletak di Samudra Pasifik Utara, hanya beberapa derajat di selatan Tropic of Cancer, sekitar 2.392 mil sebelah barat San Francisco, 2.550 km barat daya dari Los Angeles; 3.900 km tenggara Tokyo, dan 4.536 km timur laut Australia, dilansir World Atlas.

Hawaii menduduki rangkaian pulau terbesar di dunia. Negara ini terdiri dari 137 pulau vulkanik dan satu-satunya negara bagian AS yang sepenuhnya terdiri dari pulau. Terdapat 8 Kepulauan Hawaii utama, di mana hanya 7 pulau (Hawaii, Maui, Molokai, Lanai, Oahu, Kauai, dan Niihau) berpenghuni secara permanen.

Pulau-pulau hijau Hawaii yang subur adalah puncak yang terlihat dari rangkaian pegunungan vulkanik terendam yang membentang 3.100 mil dari Hawaii, sampai ke Palung Aleutian di Samudra Pasifik Utara.

Jadi, negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari daratan utamanya adalah Alaska dan Hawaii.

Simak Video "AS Bersiap Sambut Turis Asing Mulai November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia