Bunyi Pancasila: Isi dan Lambang dari Sila 1 Hingga 5

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 13:01 WIB
Kado Garuda Pancasila untuk kado pernikahan anak Jokowi
Bunyi Pancasila: Isi dan Lambang dari Sila 1 Hingga 5 (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jakarta - Detikers, pasti sudah tahu dong kalau Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Namun, detikers sudah tahu belum bunyi Pancasila dan lambangnya dari sila ke-1 hingga ke-5?

Mengutip laman web Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Pancasila diambil dari dua suku kata, yaitu panca dan sila. Panca memiliki arti lima dan sila berarti dasar. Jika digabungkan, Pancasila berarti lima dasar.

Isi Pancasila

Isi kelima sila Pancasila tercantum dalam naskah pembukaan UUD 1945 alinea keempat, lho.

Begini bunyinya:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Lambang Pancasila

Detikers pernah melihat perisai pada bagian tubuh Burung Garuda? Ya, perisai yang ada pada Burung Garuda adalah simbol atau lambang dari sila 1 hingga 5 dalam Pancasila. lho.

1. Lambang Bintang

Simbol bintang yang terletak di tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa atau melambangkan sila ke-1 Pancasila. Hal ini memiliki arti, bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Lambang Rantai

Rantai pada bagian bawah perisai merupakan lambang dari sila ke-2 Pancasila. Rantai dipilih karena menggambarkan generasi penerus yang turun-temurun. Maka dari itu, rantai tersebut digambarkan berjumlah 17 dan saling sambung-menyambung tidak terputus.

3. Lambang Pohon Beringin

Pohon beringin yang terletak di bagian atas perisai dipilih sebagai lambang dari sila ke-3 Pancasila. Pohon beringin memiliki arti sebagai tempat berteduh atau berlindung.

4. Lambang Kepala Banteng

Kepala banteng yang juga terletak di bagian atas perisai diartikan sebagai tenaga rakyat dan dijadikan lambang Pancasila sila ke-4.

5. Lambang Padi dan Kapas

Gambar padi dan kapas merupakan lambang sila ke-5 Pancasila yang menggambarkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Nah, itu dia bunyi Pancasila lengkap dengan isi dan makna lambangnya dari sila ke-1 hingga ke-5. Jangan sampai salah ya, detikers!

Simak Video "Cantiknya Batik Motif Garuda Pancasila Bikinan Perajin di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia