Prediksi Kapan Matahari Akan Mati & Nasib Manusia Saat Itu, Menurut Astronom

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 09:30 WIB
Memotret pemandangan matahari terbenam kerap dilakukan para wisatawan saat berkunjung ke sejumlah bangunan ikonik di berbagai negara dunia. Berikut potretnya.
Foto: Getty Images
Jakarta - Apakah detikers dapat membayangkan, kapan matahari mati dan apa yang akan terjadi saat itu? Usia matahari sendiri diperkirakan sekitar 4,6 miliar tahun, demikian menurut Science Alert.

Usia tersebut diukur berdasarkan usia benda lain di tata surya yang terbentuk di kisaran waktu yang bersamaan. Para ahli juga telah membuat prediksi baru tentang kapan dan bagaimana penampakan matahari ketika mati.

Kapan matahari akan mati?

Berdasarkan observasi terhadap bintang-bintang yang lain, para astronom memprediksi bahwa matahari akan mati sekitar 10 miliar tahun mendatang.

Sebuah tim astronom internasional menemukan bahwa planet nebula (gelembung gas dan debu bercahaya), adalah bentuk paling mungkin ketika kelak matahari mati.

Pemodelan komputer digunakan untuk menentukan bahwa sebagaimana 90 persen bintang yang lainnya, matahari kemungkinan besar akan menyusut dari yang awalnya berbentuk raksasa merah, kemudian menjadi bentuk kerdil putih dan berakhir sebagai planet nebula.

Pemodelan ini sebetulnya memprediksi siklus hidup berbagai jenis bintang yang berbeda. Hal ini untuk mengetahui kecerahan planet nebula yang berkaitan dengan massa bintang yang berbeda.

Planet nebula sebetulnya cukup umum di alam semesta. Sebagian yang terkenal adalah Helix Nebula, Cat's Eye Nebula, Ring Nebula, serta Bubble Nebula.

Mereka semua dinamai planet nebula bukan karena memang ada hubungannya dengan planet. Tetapi, karena saat pertama kali ditemukan oleh William Herschel di akhir abad ke-18, kesemuanya terlihat mirip ketika dilihat melalui teleskop pada waktu itu.

Seiring menuju waktu musnahnya matahari, tentunya akan ada hal-hal lain yang terjadi. Pada 5 miliar tahun mendatang, matahari akan berubah menjadi raksasa merah.

Inti darinya akan menyusut dan lapisan luarnya akan meluas ke orbit Mars dan menelan planet kita dalam proses tersebut, tentunya jika Bumi masih ada.

Apa yang terjadi pada manusia ketika matahari mati?

Satu hal yang pasti, ketika hal di atas terjadi, manusia tidak akan ada lagi di Bumi. Kita tidak akan dapat menyaksikan bagaimana ketika matahari musnah.

Pada faktanya, umat manusia hanya memiliki sekitar satu miliar tahun lagi, terkecuali jika menemukan jalan untuk keluar dari Bumi. Sebabnya, tingkat kecerahan matahari bertambah sekitar 10 persen tiap 10 miliar tahun.

Meskipun tampaknya tidak terlalu banyak, tapi peningkatan tersebut akan mengakhiri kehidupan di Bumi. Lautan kita akan menguap dan permukaannya akan terlalu panas untuk membentuk air.

Jadi, dapat disimpulkan dari pemaparan di atas, diperkirakan matahari akan mati 10 miliar tahun mendatang dan manusia pada saat itu diprediksi sudah tidak ada ya, detikers. Apakah kalian tertarik dengan fakta lain soal matahari?



Simak Video "NASA Tegaskan Informasi Matahari Terbit dari Barat Adalah Hoaks"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia