Berapa Hari Lagi Puasa Ramadhan 2022? Ini Infonya Buat Para Pelajar

Rosmha Widiyani - detikEdu
Minggu, 12 Sep 2021 16:30 WIB
Hari Raya Idul Fitri jadi momen yang dinanti umat Islam usai menjalankan ibadah puasa. Suka cita rayakan Lebaran pun dirasakan oleh warga di Nepal van Java.
Foto: Pius Erlangga/Detikcom/Berapa Hari Lagi Puasa Ramadhan 2022? Ini Infonya Buat Para Pelajar.
Jakarta - Ramadhan selalu menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu para muslim dan masyarakat seluruh dunia. Setelah menyelesaikan puasa wajib pada 2021, umat Islam tak sabar menunggu datangnya Ramadhan setahun kemudian?

Berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022?

Pemerintah memang belum menetapkan Ramadhan 2022 yang bertepatan dengan 1443 Hijriah. Namun informasi ini bisa dilihat dalam kalender Hijriah global yang dibuat PP Muhammadiyah.

Dikutip dari website resmi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, puasa Ramadhan 2022 diperkirakan jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Artinya puasa Ramadhan akan kembali dijalankan dalam 202 hari lagi.

Setelah mengetahui informasi berapa hari lagi puasa, pelajar bisa menyiapkan diri lebih baik menghadapi Ramadhan 2022. Misalnya mengatur menu sahur dan buka supaya tidak mudah ngantuk saat belajar.

Muhammadiyah menjelaskan, kalender Hijriah global adalah prototipe versi resmi. Kalender resmi akan tersedia dalam bentuk cetak yang diterbitkan Suara Muhammadiyah.

Selain melihat di kalender Hijriah global, pelajar juga bisa mengetahuinya dengan klik Google. Keyword yang perlu diketik adalah berapa hari lagi puasa, yang bisa ditambah Ramadhan 2022

Google akan memberi informasi puasa akan dilaksanakan dalam 201 hari. Puasa Ramadhan 1443 Hijriah dijalankan selama 30 hari pada 1-30 April 2022. Selanjutnya umat muslim merayakan Idul Fitri atau kerap disebut Lebaran.

Keputusan berapa hari lagi puasa harus menunggu hasil sidang isbat pemerintah. Sidang isbat dilakukan Kementerian Agama bersama organisasi masyarakat, akademisi, dan lembaga lain yang fokus pada kepentingan umat.

Informasi yang lebih dulu beredar bisa membantu pelajar dan masyarakat menyiapkan diri lebih baik jelang Ramadhan. Semoga Ramadhan 2022 detikers lebih baik daripada setahun sebelumnya ya.

Simak Video "Melestarikan Spirit Idul Fitri"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia