Surat Al Fatihah: Tempat Diturunkan dan Asbabun Nuzul

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 09 Sep 2021 06:00 WIB
Infografis 7 Keutamaan membaca al quran
Foto: Mindra Purnomo/detikcom/Surat Al Fatihah: Tempat Diturunkan dan Asbabun Nuzul.
Jakarta - Surat Al Fatihah menjadi surah yang selalu kita baca dalam sholat. Hal ini menjadi salah satu bukti dari istimewanya surah Al Fatihah. Sebab itu, umat Muslim perlu memahami identitas surah mulai dari tempat diturunkannya hingga asbabun nuzulnya.

A. Tempat diturunkan surat Al Fatihah

Dikutip dari buku Samudera Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, & An-Naas: Tafsir Ibnu Katsir & Jalalain: Referensi Shahih yang ditulis oleh Imam Ibnu Katsir, menurut Ibnu Abbas, Qatadah, dan Abul Aliyah, surah Al Fatihah termasuk dalam golonngan surah Makiyyah. Artinya surah Al Fatihah diturunkan di Kota Mekah.

Namun, pendapat lain dari Abu Hurairah, Mujahid, Ata Ibnu Yasar, dan Az Zuhri menyebut surah ini merupakan golongan Madaniyyah. Artinya surat Al Fatihah diturunkan di kota Madinah.

Ada pula yang mengatakan surah Al Fatihah diturunkan dua kali. Pertama di Kota Mekah, lalu yang kedua di Kota Madinah. Di antara perbedaan pendapat tersebut, ahli tafsir Ibnu Katsir Ad Dimasyqi mengatakan yang lebih mendekati kebenaran adalah pendapat surat Al Fatihah turun di Kota Mekah.

Menurut penulis Oky Trisna Sanjaya dalam bukunya yang berjudul Alinea Media Pustaka: Ar-Risalah, pendapat ini dikuatkan dari awal dilaksanakannya sholat oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah melaksanakannya ketika beliau masih di Kota Mekah dan sudah wajib membaca surah Al Fatihah dalam sholat.


B. Asbabun nuzul surat Al Fatihah

Adapun Asbabun Nuzul atau sebab turunnya surah Al Fatihah menjadi salah satu penguat bukti surah ini diturunkan di kota Mekah. Ulama Al-Imam Al-Wahidi menafsirkan riwayat dari Ali bin Abu Thalib RA dalam kitabnya yang bertajuk Asbabun Nuzul dan Ats-Tsa'labim berkata, "Surat Al-Fatihah diturunkan di Mekkah, dari dalam suatu perbendaharaan di bawah 'Arsy."

Terdapat juga riwayat dari Al-Hafizh Abu Syaibah dalam kitab al-Mushannaf, Al-Imam Abu Nu'aim dan Al-Hafizh al-Baihaqi dalam kitab Dalailun-Nubuwwah, serta as-Tsa'labi dan Al Imam al-Wahidi dari hadits Amr bin Syurahil menceritakan bagian setelah Rasulullah SAW mengeluhkan pengalamannya di dalam Gua Hiro.

Rasulullah menerima wahyu pertama dan mengabarkan pada istrinya, Khadijah. Kemudian beliau pun diajak oleh Khadijah untuk menemui Waraqah. DI sana, Rasulullah mulai menceritakan kewahyuannya kepada Waraqah.

Rasul bercerita bahwa ketika beliau tengah sendiri, beliau seringkali mendengar suara dari belakang yang memanggilnya, Rasul bersabda,

"Ya Muhammad, ya Muhammad, ya Muhammad! Mendengar suara itu aku pun lari,"

Kemudian Waraqah menjawab,

"Jangan engkau berbuat begitu. Jika engkau dengar suara itu tetap tenanglah engkau. Sehingga dapat engkau dengar apa lanjutan perkataannya itu,"

Selanjutnya Rasulullah SAW kembali lagi menemuinya dan berkata,

"Maka datang lagi dia dan terdengar lagi suara itu: 'Ya Muhammad!' Katakanlah: Bismillahir-Rahmanir-Rahim, Alhamdulillahi-Rabbil Alamin, sehingga sampai kepada Waladh-Dhaalin,'"

Kemudian turunlah surah Al Fatihah ayat 1-7. Riwayat ini menjadi bukti bahwa surah Al-Fatihah termasuk surat Makkiyah.


C. Bacaan lengkap surat Al Fatihah dan terjemahannya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

1. Bacaan latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm
Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

2. Bacaan latin: al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn
Artinya: "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,"

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

3. Bacaan latin: ar-raḥmānir-raḥīm
Artinya: "Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,"

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

4. Bacaan latin: māliki yaumid-dīn
Artinya: "Pemilik hari pembalasan."

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

5. Bacaan latin: iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn
Artinya: "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan."

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ

6. Bacaan latin: ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm
Artinya: "Tunjukilah kami jalan yang lurus,"

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

7.Bacaan latin: ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn
Artinya: "(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Itulah penjelasan singkat mengenai surat Al Fatihah yang diturunkan di Kota Mekah dan Asbabun Nuzulnya. Semoga bermanfaat!

Simak Video "4 Anggota Keluarga Muslim Tewas Diserang di Kanada"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia