Orang yang Membayar Zakat Disebut?

Erwin Dariyanto - detikEdu
Rabu, 08 Sep 2021 06:08 WIB
Selective focus of red bucket full with gold coins and red tag written with ZAKAT on white wooden background.
Orang yang Membayar Zakat Disebut? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Mohamad Faizal Bin Ramli)
Jakarta - Zakat adalah rukun Islam yang keempat. Orang yang mengeluarkan zakat disebut muzakki. Ada pun orang yang berhak menerima zakat disebut mustahik.

Pengertian zakat menurut Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014, adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerima sesuai dengan syariat Islam.

Sementara dikutip dari situs Baznas, zakat adalah bagian tertentu dari harta seorang Muslim yang wajib dikeluarkan ketika sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Di dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat, yakni zakat fitrah dan zakat maal.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim di bulan Ramadhan, sebelum dilaksanakan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah bisa dikeluarkan berupa makanan pokok masyarakat setempat. Seperti beras, gandum, dan sejenisnya. Besarnya zakat fitrah adalah 3,5 liter atau sekitar 2,5 kilogram bahan makanan pokok.

Zakat maal atau zakat harta adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam ketika hartanya sudah mencapai nisab dan haulnya. Nisab adalah syarat minimal harta yang dapat dikategorikan sebagai wajib zakat. Ada pun haul adalah masa atau waktu kepemilikan harta yang telah berlalu selama 12 bulan dalam kalender Qamariyah atau tahun Hijriyah.

Zakat maal kemudian diuraikan lagi ke beberapa jenis zakat. Antara lain zakat penghasilan, zakat perniagaan, zakat pertanian, zakat pertambangan, zakat tabungan, zakat emas, zakat perak dan lain-lain.

Tak ada ketentuan batasan waktu untuk mengeluarkan zakat maal. Zakat ini bisa dikeluarkan sepanjang tahun ketika syaratnya sudah terpenuhi.

Allah SWT memerintahkan umat Islam mengeluarkan zakat sebagaimana firman-Nya dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: "Dan dirikanlah sholat serta tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan."

Orang yang mengeluarkan zakat disebut muzakki. Adapun syarat wajib terdiri dari 5. Selengkapnya bisa dibaca DI SINI.

Golongan Penerima Zakat

Zakat disalurkan kepada golongan orang-orang yang berhak menerima. Jika orang yang mengeluarkan zakat disebut Muzzaki, maka orang yang berhak menerima zakat disebut mustahik. Ada delapan golongan atau Asnaf orang yang berhak menerima zakat atau Mustahik.

Terkait 8 golongan orang yang berhak menerima zakat, Allah SWT berfirman dalam Surat At-Taubah ayat 60.

۞ إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ


"Sungguh zakat itu hanya untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah maha mengetahui, maha bijaksana."

Penjelasan terkait 8 golongan orang yang berhak menerima zakat atau mustahik bisa dibaca DI SINI.

Simak Video "Seputar Zakat Fitrah Online, Hukum dan Keabsahannya Menurut BAZNAS"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia