10 Pekerjaan Paling Dicari Selama Pandemi, Apa Saja?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 06 Sep 2021 07:02 WIB
Group of business people working together on business project.  Young secretary woman and financial advisor businessman sitting in front of laptop while middle aged executive professional woman standing behind them and giving advice.
Daftar 10 bidang karier dan pekerjaan paling dicari selama pandemi COVID-19. Foto: iStock
Jakarta - Sedikitnya ada 10 pekerjaan yang paling dicari selama pandemi COVID-19. Tren pekerjaan ini sedikit berbeda dengan yang terjadi sebelumnya. Pekerjaan ini umumnya berorientasi pada teknologi.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim, perubahan pada dunia kerja dan profesional adalah hal yang biasa. Apalagi pandemi COVID-19 telah mengubah seluruh aspek kehidupan masyarakat dalam waktu yang sangat cepat.

"Dunia kerja atau profesional pun akan berubah seiring berjalannya waktu, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini," kata Nadiem, seperti dikutip dari laman Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Dikutip dari The Most In-Demand Jobs Right Now di laman LinkedIn, financial advisors menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari. Mulai April hingga Mei 2021, lowongan financial advisors naik 249 persen.

Financial advisors mengalahkan retail sales specialist (naik 170 persen), store associate (naik 167 persen), dan customer assistant (naik 152 persen). Kenaikan dipengaruhi kondisi ekonomi saat pandemi COVI-19.

Efek pandemi COVID-19 di sektor ekonomi dirasakan hampir semua lapisan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang cenderung lambat, tetap, atau justru makin buruk harus dihadapi tanpa kecuali.

Dengan pandemi yang tak kunjung berakhir, masyarakat harus punya pertahanan yang baik. Saran yang baik diperlukan untuk merencanakan pensiun, kepemilikan rumah, membiayai kuliah, dan keperluan lain.

Selain financial advisor, sejumlah pekerjaan masih terus dicari sepanjang pandemi COVID-19. Salah satunya yaitu posisi driver yang terus dicari seiring naiknya tren belanja online.

Pekerjaan di bidang engineering dan web development juga terus dicari selama pandemi. Tren ini disebabkan banyaknya perusahaan yang terus mengakselerasi inisiatif transformasi digital.

Data LinkedIn juga menunjukkan pencarian untuk posisi in-person di retail seperti Salesperson, Stor Associate, dan Retail Salesperson yang sempat hilang di awal pandemi. Lowongan kembali muncul seiring dikuranginya tingkat pembatasan sosial.

Dengan penjelasan tersebut, berikut pekerjaan yang paling dicari selama pandemi COVID-19 berdasarkan data LinkedIn,

10 pekerjaan yang paling dicari selama pandemi COVID-19

1. Software Engineer

2. Salesperson

3. Store Associate

4. Registered Nurse

5. Animal Groomer

6. Javascript Developer

7. Project Manager

8. Retail Salesperson

9. Driver

10. DevOps Engineer

Selain yang telah disebutkan, ada beberapa pekerjaan lain yang ikut mengalami kenaikan. Pekerjaan tersebut adalah Product Designer (naik 105%), Solutions Engineer (naik 95%), Automation Test Analyst (naik 90%) , Technical Project Manager (naik 88%), Teller (naik 78%), dan Sales Director (naik 60%).

Informasi ini semoga bisa meningkatkan optimisme detikers selama pandemi COVID-19. Asal memiliki keterampilan sesuai kebutuhan penyedia kerja serta memenuhi syarat yang ditentukan, maka pekerjaan impian bukan masalah.

Gimana detikers, sudah memilih satu di antara 10 pekerjaan yang paling dicari selama pandemi COVID-19? Segera ajukan lamaran kamu dan semoga beruntung ya.

Simak Video "Rencana WHO Bentuk Tim Khusus untuk Hadapi Pandemi Berikutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia