10 Gunung Tertinggi di Benua Asia, Salah Satunya Ada dari Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 07:01 WIB
Danau di Pegunungan Jayawijaya
Gunung tertinggi di benua Asia salah satunya ada di Indonesia. Bisa tebak di mana? (Foto: (Afif Farhan/detikcom)
Jakarta - Gunung tertinggi tersebar di berbagai penjuru benua termasuk benua Asia. Gunung dengan puncak tertinggi selalu menjadi daya tarik bagi para pendaki seluruh dunia.

Di benua Asia, sebut saja puncak gunung tertinggi Everest hingga puncak tertinggi di Indonesia yakni Cartenz Jayawijaya. Pastinya semua pendaki berlomba-lomba untuk bisa menyentuh puncak gunung tersebut.


Selain itu, ada juga gunung tertinggi di benua Asia yang lainnya. Apa saja? Berikut ini 10 daftarnya.


1. Gunung Everest

Gunung Everest memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Lokasinya ada di perbatasan Nepal dan Tibet. Dengan ketinggian ini, Gunung Everest menjadi gunung tertinggi di benua Asia, bahkan di dunia.

Gunung Everest pertama kali diskalakan pada tahun 1953 dan tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, 11 orang meninggal karena antrean di Death Zone.

Bagi para pendaki, membutuhkan waktu selama 45 hari untuk menggapai puncak Everest dengan biaya hingga USD 100 ribu. South Ridge adalah jalur populer di antara 20 rute dan 800 pendaki juga pemandu mencapai puncaknya di tahun 2019.


2. Gunung K2

Gunung tertinggi kedua di benua Asia adalah K2 dengan ketinggian 8.614 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung K2 terletak di perbatasan Pakistan dan China.

Berada dalam wilayah Karakoram, gunung ini tergabung dalam pegunungan yang membentang dari India, Pakistan, China dan merupakan tempatnya pegunungan tertinggi di dunia.

Puncak K2 terkenal tak ramah di kalangan pendaki gunung karena kesulitannya dan diberi julukan 'Savage Mountain'. Alam di sana tak kenal ampun. Bahkan gunung ini terkenal ekstrem bagi para pendaki karena memiliki tingkat kematian tertinggi kedua di antara gunung-gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 mdpl.


3. Gunung Kangchenjunga

Selanjutnya ada Gunung Kangchenjunga yang memiliki ketinggian 8.586 mdpl. Gunung tertinggi ketiga di benua Asia ini terletak di antara Nepal dan India. Gunung ini diskalakan pada tahun 1955.

Sama dengan Everest dan K2, gunung memiliki karakteristik yakni dipenuhi salju dan suhu yang ekstrem. Bahkan semua puncaknya juga diselimuti oleh salju.


4. Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum atau Gunung Puensum memiliki ketinggian 7.570 mdpl. Gunung tertinggi keempat di benua Asia ini terletak di perbatasan Tibet dan Bhutan.

Gangkhar Puensum menjadi gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki wisatawan. Apalagi sejak 2004, pemerintah Bhutan melarang total semua pendakian. Lanskap dan kondisi alam menuju puncak Gangkhar Puensum itu pun masih menjadi misteri.


5. Ismail Samani

Gunung ini menjadi gunung tertinggi kelima di benua Asia dengan ketinggian Puncak Ismail Samani mencapai 7.495 mdpl. Nama gunung yang terletak di Tajikistan ini diambil berdasarkan nama leluhur wangsa Samani yakni Ismail Samani.


6. Gunung Hkakabo Razi

Gunung tertinggi keenam di benua Asia adalah Gunung Hkakabo Razi yang terletak di Myanmar. Gunung Hkakabo Razi memiliki ketinggian 5.881 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara.

Gunung ini dikenal dengan medannya yang berbahaya dan sangat lengkap. Karena, Gunung Hkakabo memiliki hutan hujan yang sangat lebat di kaki gunungnya sampai terdapat lapisan salju dan gletser pada ketinggian 4.600 mdpl sampai ke puncaknya.

Hutan hujan di kaki Gunung Hkakabo masih sangat alami dan memiliki suhu lembab, gelap, dan penuh binatang berbahaya. Ada berbagai hewan yang perlu diwaspadai mulai dari ular piton, laba-laba hingga nyamuk malaria.


7. Gunung Damavand

Bergeser ke Iran, ada gunung tertinggi ketujuh di benua Asia yakni Gunung Damavand. Gunung memiliki ketinggian 5.610 mdpl dan merupakan gunung berapi aktif yang diselimuti hamparan salju.

8. Gunung Ararat

Selanjutnya ada Gunung Ararat di Turki yang menjadi gunung tertinggi di benua Asia nomor tujuh. Gunung yang ada di Provinsi Igdir ini memiliki ketinggian sekitar 5.137 mdpl.


9. Gunung Jayawijaya

Gunung tertinggi kesembilan di benua Asia berada di Indonesia tepatnya di daerah Papua. Gunung ini memiliki puncak yang paling terkenal yakni Carstensz dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Puncak Carstensz memiliki puncak tersulit ketiga dunia untuk didaki. Di urutan pertama dan kedua secara beruntun ditempati puncak Everest dan Denali.

Dua puncak tersebut dinilai sulit karena memiliki suhu ekstrem. Suhu di sana bisa mencapai minus 40 derajat celcius. Sementara itu, puncak Carstensz dinilai memiliki puncak tersulit didaki karena mempunyai kesulitan yang sangat kompleks, yaitu jalur pendakian.


10. Gunung Khuiten

Terakhir gunung yang terletak di Mongolia, China yakni Gunung Khuiten. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.356 mdpl.


Salah satu gunung tertinggi di benua Asia ini memiliki daya tarik yang menarik bagi para pendaki lantaran memiliki lanskap pemandangan yang beragam dimulai dari padang rumput hijau hingga gletser.

Pada tahun 2018, dua mahasiswa asal Indonesia yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sukses mencapai puncak tertinggi Gunung Mongolia, Khuiten Peak. Mereka mendaki selama empat hari dan tiba di puncak pada 19 September 2018.

Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia