Biografi BJ Habibie: Profil, Karier, dan Kisah Hidup Inspiratifnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 02 Sep 2021 06:31 WIB
Poster
Biografi BJ Habibie (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta - BJ Habibie merupakan presiden ketiga Republik Indonesia yang diangkat setelah Presiden Soeharto mundur. Beliau dikenal juga sebagai bapak pesawat karena berhasil menciptakan pesawat pertama Indonesia.

Dilansir dari laman perpusnas.go.id, selepas tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau kemudian masuk ITB. Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gelar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965.


Berikut biografi BJ Habibie selengkapnya.


Biografi BJ Habibie

Nama lengkap: Bacharuddin Jusuf Habibie

Tanggal lahir: 25 Juni 1936

Tempat lahir: Parepare, Sulawesi Selatan

Orang tua: Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo

Anak keempat dari delapan bersaudara

Istri: Hasri Ainun Habibie

Anak: Ilham Akbar dan Thareq Kemal

BJ Habibie pernah berkuliah di jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung pada 1954. Namun, di sana hanya menghabiskan waktu enam bulan untuk studinya.

Hal ini karena setahun kemudian ia memilih melanjutkan pendidikan di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman.


Karier BJ Habibie

Dalam pemerintahan Indonesia, karier BJ Habibie dimulai saat pemerintahan presiden Soeharto. Ia diminta kembali dari Jerman lalu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998.

Saat krisis 1998, Soeharto mundur dan menetapkan BJ Habibie sebagai Presiden ke-3 Indonesia dari 1 Mei 1998 - 20 Oktober 1999. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden ke-7 sejak 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998 dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Soeharto.

Sebelum pulang ke Indonesia, Habibie telah lebih dulu berkarier di Jerman. Diketahui sang mantan presiden tersebut sempat bekerja di berbagai perusahaan penerbangan dan konstruksi pesawat di Jerman setelah menikah dengan sang istri, Hasri Ainun Besari.

BJ Habibie sempat merancang proyek pesawat CN-235 bersama para insinyur dari perusahaan Spanyol, CASA, yang prototipenya berhasil mengudara pada akhir 1983.

Dengan kecerdasan dan pengalamannya, sosok BJ Habibie akhirnya berhasil membuat pesawat pertama Indonesia, yakni N250 Gatotkaca, pada 1995.

Bersama timnya dari Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), BJ Habibie merancang pesawat baling-baling dengan daya angkut sekitar 50 penumpang dan bisa diperbesar hingga 70 penumpang bernama N-250 Gatot Kaca.


Kisah Hidup Inspiratif

Dengan berbagai pencapaian dan perannya yang besar bagi bangsa Indonesia, kisah hidup BJ Habibie pun diangkat ke film layar lebar.

Tak hanya soal inspirasinya, masyarakat Indonesia mengenal BJ Habibie karena kisah cintanya bersama sang istri Ainun. Kisah cinta yang setia tersebut diabadikan dalam sebuah film berjudul 'Habibie & Ainun' pada 2012, yang diadaptasi dari buku karya BJ Habibie sendiri.

Bahkan hingga akhir hayatnya, kisah cinta Habibie tetap menginspirasi banyak orang. BJ Habibie dimakamkan di samping Ainun istrinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata slot 120.

Simak Video "Erdogan Usir 10 Dubes Negara Barat dari Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia