Kampus Swasta Yogyakarta jadi Sasaran Vaksin COVID-19 Kopassus

Heri Susanto - detikEdu
Minggu, 15 Agu 2021 15:34 WIB
Kampus Swasta Yogyakarta jadi Sasaran Vaksin COVID-19 Kopassus
Foto: Heri Susanto/detikcom/Kampus Swasta Yogyakarta jadi Sasaran Vaksin COVID-19 Kopassus
Yogyakarta - Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan Kartasuro, Sukoharjo menyasar kampus swasta di DIY untuk vaksin COVID-19. Tahap pertama, mahasiswa di Kampus Universitas Janabadra, Pingit, Yogyakarta.

"Tergantung kesiapan kampus. Dari kami untuk vaksinasi di luar markas (Kandang Menjangan) hari Sabtu dan Minggu. Karena, Senin sampai Jumat, vaksinasi untuk warga sekitar," kata Komandan Kopassus Grup-2 Kandang Menjangan Kolonel (Inf) Sabdono Budi Wiryanto, disela vaksinasi, Minggu (15/8/2021).

Sabdono menjelaskan, pihaknya memang terbuka untuk vaksinasi di luar markas. Termasuk vaksinasi terhadap mahasiswa di DIY yang belum menjadi sasaran vaksinasi.

"Kami sangat terbuka jika selanjutnya ada kampus lain untuk meminta bantuan vaksinasi. Karena vaksinasi ini merupakan wujud pengabdian Kopassus kepada masyarakat," kata Sabdono.

Di Kampus Universitas Janabadra, Kopassus memberikan vaksin COVID-19 selama dua hari. Tiap hari, mereka mengalokasikan 600 vaksin kepada mahasiswa maupun warga sekitar.

"Saat ini baru Kampus Universitas Janabadra ini. Ke depan, ini kami masih berkoordinasi dengan kampus yang lain. Karena, seperti kita tahu, adik-adik mahasiswa ini mayoritas pulang kampung," katanya.

Wakil Rektor II Universitas Janabadra Siti Rohmaikah mengatakan, di Janabadra baru 600 mahasiswa yang telah menjalani vaksin COVID-19. Sedangkan seluruh dosen dan karyawan telah mendapatkan vaksinasi.

"Ini dalam rangka persiapan jika Mas Manteri (Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim) sudah memperbolehkan tatap muka, kami sudah siap semuanya karena mahasiswa sudah divaksin," jelasnya.

Rohmaikaj mengungkapkan, kampus swasta non jaringan Kementrian Kesehatan saat ini memang kesulitan untuk menyelenggarakan vaksinasi kepada mahasiswanya. Sebab, di kampus tidak ada tenaga vaksinator maupun kuota vaksin.

"Makanya kami sangat berterima kasih terhadap Kopassus yang membantu mahasiswa mendapatkan vaksin. Paling tidak, selain mengurangi penularan COVID-19, juga menyiapkan mahasiswa untuk kuliah tatap muka," katanya.

Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia