7 Contoh Soal Asesmen Nasional Numerasi untuk Kelas 10

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 13 Agu 2021 08:00 WIB
Ilustrasi matematika
Contoh soal asesmen nasional untuk numerasi kelas 10 (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memutuskan akan menggelar asesmen nasional jelang akhir tahun 2021. Asesmen nasional ini merupakan pengganti ujian nasional (UN) yang dinilai diskriminatif. Untuk memudahkan Kemendikbudristek memberikan contoh soal Asesmen Nasional yang bisa diakses gratis.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan Asesmen Nasional merupakan bagian penting dari prinsip mempromosikan tumbuh kembang dan kondisi psikososial peserta didik dan strategi besar untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Asesmen punya tujuan utama untuk mendorong perbaikan kualitas pembelajaran di jenjang dasar dan menengah. "Dorongan perbaikan ini dicapai dengan cara mengembalikan hasil Asesmen Nasional kepada satuan pendidikan dan pemda, supaya mereka bisa pakai sebagai bahan evaluasi diri dan bahan perencanaan ke depannya, yang berbasis data yang objektif," ujarnya

Tiga instrumen utama Asesmen Nasional yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum adalah instrumen Asesmen Nasional yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi murid.

Berikut adalah contoh soal Asesmen Nasional numerasi untuk kelas 10 seperti yang dikutip dari laman Kemendikbudristek:

Geometri

1. Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10 (Dok. Kemendikbud)

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50o. Akibat kesalahan ini, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!

Jawaban:

30 derajat dengan tinggi 2460 meter, yang seharusnya adalah 50 derajat. Besar sudut sebanding dengan tinggi dengan aturan trigonometri --- x = t / sin y dengan x jarak pengamat dengan kaki gunung.

2. Sebuah pesawat tempur melihat dua buah kapal layar di bawahnya. Pada layar pemantau yang dilihat copilot, pesawat tempur tersebut menunjukkan posisi kedua kapal layar dengan sudut depresi yang berbeda seperti terlihat pada gambar. Jika copilot melihat kedua kapal layar dengan posisi pesawat yang tegak lurus permukaan air laut dengan ketinggian 1.800 meter, maka jarak kedua kapal tersebut adalah

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10

A. 2.400 meter

B. (1.800 + 600 √2) meter

C. (1.800 + 600 √3) meter

D. 3.600 meter

E. (1.800 + 1.800 √3) meter

Jawaban C

Aljabar

3. Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10 (Dok. Kemendikbud)

Bu Siti ingin membuat 5 paket hadiah dengan tiap paket hadiah berisi paling sedikit dua macam alat tulis. Kelima paket yang akan dibuat, isinya tidak harus sama. Jika bu Siti memiliki dana sebesar Rp125.000,00 dan menginginkan setiap paket hadiah harus ada penghapus dan bolpoin, maka paket yang dapat dibeli adalah ....

1 paket Sedang + 1 paket Hemat (1)

1 paket Ekonomi + 1 paket Sedang (2)

1 paket Hemat + 3 paket Murah (3)

1 paket Ekonomi + 5 paket Murah (4)

1 paket lengkap + 2 paket murah (5)

Jawaban: 1,2,3, dan 5

4. Anita, seorang seniman muda dari Sumatra berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. Berapakah banyak bola tanah yang harus disediakan? (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran disetiap susunan bola)

A. 285 bola tanah.

B. 300 bola tanah.

C. 314 bola tanah.

D. 320 bola tanah.

E. 350 bola tanah.

Jawaban: C

5. Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10

Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x2 + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).

A. 60.100.000 pengguna

B. 57.100.000 pengguna

C. 49.100.000 pengguna

D. 45.200.000 pengguna

E. 44.200.000 pengguna

Jawaban: E

Data dan Ketidakpastian

6. EMAS = INVESTASI YANG MENGUNTUNGKAN?

Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan return di masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh individu atau suatu entitas yang mempunyai kelebihan dana. Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10 (Dok. Kemendikbud)

Berikut ini disajikan grafik harga emas ANTAM pada bulan Mei 2019 :

Berdasarkan grafik harga emas di atas, Andi menyatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang menguntungkan.

Apakah Anda setuju dengan pernyataan Andi?

Serta jelaskan alasannya!

Jawaban: setuju/ dari grafik emas bulan bisa dilihat bahwa harga emas cenderung naik.

7. FINAL PIALA DUNIA DAN PELUANGNYA

Amel sedang mencoba mengaplikasikan konsep peluang dalam menentukan peluang kemenangan salah satu tim pada pertandingan sepak bola di Piala Dunia 2018.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10 (Dok. Kemendikbud)

Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola ini yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.

Kemudian Amel menyebarkan survei kepada teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya,yaitu semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.

Contoh soal numerasi kelas 10Contoh soal numerasi kelas 10 Foto: Contoh soal numerasi kelas 10 (Dok. Kemendikbud)

Berdasarkan data pada bagan pertandingan piala dunia dan tabel peluang yang dikumpulkan Amel, peluang Perancis untuk menjadi juara dunia adalah

A. 0.125

B. 0.175

C. 0.343

D. 0.95

E. 1

Jawaban: B

Nah itu tadi adalah contoh soal asesmen nasional numerik yang bisa detikers pelajari. Semoga dapat membantu ya!



Simak Video "Mendikbud Undur Asesmen Nasional Jadi September 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia