Mengenal 6 Astronom Asal RI yang Namanya Diabadikan Jadi Asteroid

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 12 Agu 2021 07:30 WIB
Epsilon Eridani Inner Asteroid Belt
Foto: Lynette Cook via ZDNet
Jakarta -

Asteroid merupakan kumpulan benda-benda langit yang bergerombol membentuk sebuah sabuk raksasa. Gerombolan asteroid yang membentuk sebuah sabuk ini bisa dilihat di antara planet Mars dan planet Jupiter.

Dikutip dari Instagram Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), ternyata ada enam astronom asal Indonesia yang namanya diabadikan menjadi asteroid. Wah, membanggakan sekali ya.

"Berdasarkan Working Group for Small Body Nomenclature (WGSBN) di IAU, ada 6 nama astronom Indonesia yang mengangkasa. Lebih banyak orang mengetahui 5 nama yang terbaru, padahal sudah ada 1 nama yang ditetapkan sebelumnya," bunyi postingan tersebut.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, asteroid atau planetoid merupakan benda langit yang apabila dilihat dari dekat menyerupai bebatuan. Jumlah asteroid sangat banyak bahkan hingga jutaan material.

Benda langit ini memiliki orbitnya sendiri yang berbentuk elips dan bisa beraktivitas di angkasa dengan bebas.


Contoh Nama-Nama Asteroid


Seperti halnya planet yang memiliki nama, asteroid juga memiliki nama tersendiri. Berikut ini contoh nama asteroid yang populer menurut laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id.


- ceres

- Pallas

- Vesta

- Hygiea

- Interamnia

- Baptistina

- Cleopatra

- Hektor

- Themis

- Toutatis

- Apophis


Penamaan benda langit seperti asteroid memang memiliki nama yang sangat unik. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menamai sebuah objek langit.


Penamaan ini tidak bisa diminta oleh seseorang, tetapi dapat diusulkan dengan beberapa kriteria tertentu.


Nama Asteroid yang Berasal dari Astronom Indonesia


Sementara itu, Indonesia juga patut bangga jika berbicara tentang asteroid. Sebab, terdapat karya dan penghargaan astronom Indonesia di kancah internasional dan dijadikan sebagai nama-nama asteroid.


Berdasarkan Working Group for Small Body Nomenclature (WGSBN) di IAU, ada 6 nama astronom Indonesia yang mengangkasa. Berikut ini 6 astronom Indonesia yang menjadi nama asteroid:


1. 5408 Thé


2. 12176 Hidayat


3. 12177 Raharto


4. 12178 Dhani


5. 12179 Taufiq


6. 12937 Premadi


Nama yang dikukuhkan tidak terbatas hanya nama astronom atau peneliti saja, namun bisa mencakup nama-nama tokoh publik yang populer. Seperti nama sebuah band ternama, misalnya saja 8749 Beatles (1998 GJ10).

Keren sekali ya, detikers!



Simak Video "Kenalan Sama Asteroid Tercepat di Tata Surya, Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia