6 Negara di Afrika Utara Beserta Ibu Kota Masing-masing, Siswa Wajib Tahu

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 09 Agu 2021 15:20 WIB
Masjid Agung Kairouan di Tunisia tak hanya memesona dengan arsitektur bangunannya. Masjid ini diketahui jadi masjid pertama yang didirikan di benua Afrika.
Masjid Agung Kairouan di Tunisia, salah satu negara yang termasuk negara Afrika Utara.Foto: Istimewa/Dok. Yite Lai via Atlas Obscura.
Jakarta -

Benua Afrika meliputi negara-negara di wilayah Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Selatan, dan Afrika Barat. Negara apa saja yang termasuk negara Afrika Utara?

Karakteristik Afrika Utara salah satunya ditandai dengan iklim gurun dan iklim laut. Beda halnya dengan wilayah Afrika Utara, iklim di ujung selatan benua Afrika yaitu iklim pegunungan atau mediteran. Sementara itu, negara-negara Afrika di sepanjang pantai Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik memiliki iklim laut.

Suku di benua Afrika di bagian utara antaranya yaitu suku Semit dan Hamit. Warga suku Semit dan Hamit kebanyakan berkulit putih dan beragama Islam.

Berdasarkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), terdapat enam negara yang termasuk negara Afrika Utara, di samping wilayah sengketa Sahara Barat.

Negara-negara yang termasuk negara Afrika Utara adalah sebagai berikut:

1. Algeria

Ibu kota Algeria atau Aljazair adalah Algiers (Aljir). Kepala negara dan kepala pemerintahan Algeria adalah presiden. Presiden Algeria saat ini adalah Abdelmajed Tebboune. Bahasa resmi Algeria adalah bahasa Arab dan Amazigh, seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica.

Empat perlima negara Algeria adalah gurun Sahara. Iklim di Algeria mengikuti iklim ekstrem gurun, meskipun bagian yang lebih dekat ke Laut Mediterania merasakan pengaruh iklim laut.

2. Mesir (Egypt)

Arab Republic of Egypt atau Mesir memiliki estimasi populasi 99,6 juta jiwa per 2020. Ibu kota Mesir adalah Kairo. Bahasa resmi Mesir adalah bahasa Arab. Agama di Mesir yaitu Islam dan Kristen. Mata uang Mesir adalah pound Egypt.

Kepala negara Mesir dipimpin oleh presiden. Sementara itu, kepala pemerintahan Mesir dipimpin oleh perdana menteri.

3. Libya

Ibu kota Libya adalah Tripoli atau Talabulus. Estimasi penduduk negara Libya per 2020 yaitu sekitar 4,95 juta jiwa. Bahasa resmi Libya adalah bahasa Arab.

Mata uang Libya adalah dinar Libya. Kepala pemerintahan Libya adalah Perdana Menteri. Perdana Menteri Libya saat ini yaitu Abdul Hamid Ddeibah, seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica.

Libya berbatasan langsung dengan Laut Mediterania di utara. Sembilan puluh persen negara Libya merupakan dataran tinggi Sahara. Iklim Libya dipengaruhi oleh Sahara yang gersang yang panas, tetapi lebih sejuk di sepanjang pesisir pantai karena pengaruh Laut Mediterania.

4. Moroko

Kingdom of Morocco atau Moroko adalah negara di Afika Utara bagian barat yang memiliki pegunungan. Nama resmi Moroko adalah Al-Mamlakah al-Maghribbiyyyah. Ibu kota Moroko adalah Rabat.

Per 2020, penduduk Maroko diperkirakan sejumlah 35,9 juta jiwa. Bahasa resmi penduduk Moroko adalah bahasa Arab dan Tamazight. Agama resmi di Moroko adalah Islam. Penduduk Maroko menggunakan mata uang dirham Moroko.

Sebagian besar Maroko terletak di ketinggian, rata-rata sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Dua rantai pegunungan membelah timur dari Atlantik Maroko adalah Pegunungan Rif di utara dan Pegunungan Atlas.

Pegunungan Rif membentuk penyangga di sepanjang garis pantai Mediterania. sedangkan Pegunungan Atlas menciptakan penghalang di tengahnya. Kedua bagian negara Moroko tersebut dihubungkan oleh Celah Taza yang sempit di timur laut dan jalan-jalan yang mengikuti rute tradisional yang lebih tua. Iklim di Moroko di antaranya yaitu iklim Mediterania dengan musim dingin ringan yang basah dan musim panas yang terik dan kering.

5. Sudan

Jumhurriyat al-Sudan atau Republik Sudan memiliki presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Ibu kota Sudan adalah Khartoum. Bahasa resmi penduduk Sudan adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris. Mata uang Sudan adalah pound Sudan.

Per 2011, Sudan adalah negara terluas di Afrika. Luas Sudan mencakuk 8 persen luas benua Afika dan hampir 2 persen wilayah daratan di bumi. Sudan sebagian besar terdiri dari dataran luas dan dataran tinggi dari bagian Sungai Nil dan anak-anak sungainya yang mengering.

Wilayah tengah dan timur Sudan memiliki suhu rata-rata tahunan tertinggi biasanya pertengahan 30-an hingga 40-an derajat Celcius. Sementara itu, daerah barat dan barat laut Sudan memiliki suhu tertinggi sekitar 30-an derajat Celcius. Suhu tertinggi biasanya terjadi sebelum musim hujan.

6. Tunisia

Ibu kota Tunisia adalah Tunis. Negara Tunisia dipimpin oleh perdana menteri sebagai kepala pemerintahan dan presiden sebagai kepala negara.

Budaya Tunisia amat beragam karena pemerintahan Ottoman dan pendudukan Prancis di masa lalu. Penduduk Tunisia juga memeluk beragam agama, di mana pemeluk Yahudi dan Kristen hidup di tengah mayoritas masyarakat muslim.

Tunisia berbatasan langsung dengan Algeria di barat dan barat daya, Libya di tenggara, dan Laut Mediterania di timur dan utara. Iklim di Tunisia dipengaruhi oleh Laut Mediterania dengan musim dingin ringan dan berhujan serta musim panas yang terik dan kering.

Nah, sudah tahu ya detikers apa saja negara yang termasuk negara Afrika Utara . Selamat belajar!



Simak Video "Kebakaran Hutan Meletup di Tunisia"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia