Tentang Micin yang Ada di Cheetos dan Makanan Ringan Lainnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 07 Agu 2021 16:00 WIB
Flamin Hot Cheetos Diadaptasi Menjadi Sebuah Film
Foto: Istimewa
Jakarta -

Makanan ringan seperti Cheetos, Lay, hingga Doritos dikenal dengan rasa gurih berkat MSG (Monosodium glutamate) alias micin. Rasanya yang enak membuat makanan dengan penguat makanan populer di kalangan anak muda.

Monosodium glutamate atau MSG ditambahkan ke makanan sebagai penyedap rasa. Biasanya, MSG mudah dijumpai di makanan kaleng, sup, makanan siap saji, dan makanan olahan, seperti dikutip dari WebMD.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), MSG pada dasarnya aman dikonsumsi. Tetapi, ada banyak perbincangan dan penelitian mengenai dampak MSG bagi kesehatan yang membuat kandungan MSG harus dituliskan dalam label makanan, kecuali bahan makanan dengan MSG alami.

Nah, ini seluk-beluk micin alias MSG yang perlu kamu tahu:

1. Ditemukan sebagai Penguat Rasa di Jepang

Penguat rasa MSG dibuat dari asam L-glutamic yang terdapat dalam asam amino. MSG pertama kali digunakan sebagai penguat rasa oleh peneliti Jepang pada 1908. Sejak itu, MSG menjadi salah satu zat tambahan yang paling digunakan dalam produksi makanan.

2. Bermacam-macam Rasa

MSG menguatkan rasa makanan dengan cara menstimulasi reseptor rasa. Menambahkan MSG pada makanan menghasilkan rasa umami, yaitu rasa dengan karakter meaty dan gurih.

Beberapa penelitian mendapati, MSG juga menambah tingkat penerimaan seseorang terhadap sebuah rasa tertentu, seperti dikutip dari Healthline. Tidak heran, berbagai rasa diciptakan untuk mengakomodasi beragam jenis produk makanan.

Sejak Cheetos, Lays, dan Doritos diproduksi, ada puluhan rasa yang tersebar di seluruh dunia. Cheetos yang muncul sejak 1948 misalnya, dikenal dengan rasa keju, ayam panggang, sampai keju.

Sementara itu, Doritos yang populer di California Selatan sejak 1966 dikenal dengan rasa bumbu taco, nacho cheese, barbecue, dan roasted corn. Adapun Lays dikenal dengan varian rasa salmon teriyaki, rumput laut, dan lain-lain.

3. Takaran Micin yang Sempurna

Takaran MSG yang pas umumnya 0,1-0,8 persen dari volume makanan. Misalnya, dalam kuah 400 cc, rasanya akan enak jika ditambahkan penyedap rasa atau MSG sebanyak 1 gram (0,3 persen).

Tetapi, rasa kuah tersebut akan jadi kurang enak jika ditambahkan 4 gram (1 persen) MSG. Sementara itu, rasa kuah akan tidak enak jika ditambahkan 8 gram (2 persen) MSG, seperti dikutip dari penelitian I Nyoman Adiyasa, Lalu Khairul Abdi, dan Ririn Fujiawati dari Poltekkes Kemenkes Mataram.

Dikutip dari laman Doritos, sebungkus Doritos Nacho Cheese mengandung 210 mg sodium pada 28 gram keripik tortilla-nya.

Klik halaman berikutnya



Simak Video "Selamat Tinggal! Cheetos, Lays dan Doritos Tak Lagi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia