Jika Ada Soal Sebutkan Macam-macam Sunnah, Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 15:12 WIB
Infografis kesempurnaan Puasa
Jika Ada Soal Sebutkan Macam-macam Sunnah, Ini Jawabannya (Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta - Saat mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, para siswa mungkin pernah mendapat soal sebutkan macam-macam sunnah. Lantas, seperti apa jawabannya?

Sunnah adalah segala sesuatu yang asalnya dari Rasulullah SAW baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapan dari segi kedudukannya sebagai salah satu sumber hukum Islam.

Jika detikers ditanyakan sebutkan macam-macam sunnah, maka ada berapa macam sunnah yang harus diketahui. Ada tiga sunnah yang harus diketahui. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Ristekdikti:

1. Sunnah Qauliyah

Sunnah qauliyah adalah segala yang dikatakan oleh Rasul SAW baik dalam bentuk pernyataan, anjuran, perintah, cegahan, maupun larangan. Berikut adalah contohnya:

Nabi Muhammad SAW bersabda: "berpuasalah karena melihat hilal dan berbukalah (tidak puasa) karena melihat hilal."

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: barang siapa yang tidak sholat karena tertidur atau karena lupa maka hendaklah ia mengerjakan sholat itu ketika ia telah ingat.

2. Sunnah Fi'liyah

Sebutkan macam-macam sunnah yang kedua adalah sunnah Fi'liyah. Sunnah Fi'liyah adalah segala perbuatan dan perilaku yang dilihat oleh para sahabat rasul. Perilaku tersebut yaitu adalah masalah ibadah, muamalah, dan sebagainya. Contohnya adalah cara Rasul melakukan sholat, puasa, haji, dan lain sebagainya.

Ada 3 Bagian yang dapat diteladani dari Sunnah Fi'liyah yaitu sebagai berikut:

- Adat kebiasaan Rasul SAW sebagai manusia seperti cara makan, minum, duduk, berdiri, berpakaian, memelihara jenggot, dan sebagainya.

- Perbuatan Rasul yang hanya dilakukan oleh Rasul. Hal tersebut mencakup sholat duha, witir, tahajud, dan berkurban. Perbuatan tersebut hanya dikhususkan oleh Rasul namun disunnahkan untuk umatnya.

- Perbuatan Rasul SAW yang berisikan penjelasan hukum, hal tersebut mencakup tata cara sholat, puasa, cara melakukan jual beli, utang piutang, dan lain sebagainya. Ada dua bagian terkait hal ini:

a. Penjelas yang ada di dalam di Al-Qur'an yang masih memerlukan penjelasan di Al-Qur'an. Hukum yang dijelaskan oleh Rasul mengikuti hukum yang dijelaskan di dalam al-Qur'an yaitu wajib, nadb, dan ibahah.

b. Memberi petunjuk kepada umat bahwa hal tersebut dapat dilakukan. Menurut para ulama perbuatan yang dilakukan Rasul adalah penjelas hukum untuk umat dan menjadi dalil hukum yang harus ditaati oleh umat.

3. Sunnah Taqririyah

Sunnah Taqririyah adalah sikap diam Rasulullah SAW. Sikap diam ini dilakukan saat Rasul mengetahui peristiwa yang dilakukan oleh para sahabat baik dapat berupa ucapan, perbuatan, baik kejadian tersebut disaksikan Rasul secara langsung maupun didengarnya.

Rasul diutus untuk menjelaskan segala hal yang bertentangan dengan syariat, maka sikap diamnya Rasul berarti persetujuan dari beliau terhadap perbuatan atau ucapan tersebut.

Jadi jika ada pertanyaan sebutkan macam-macam sunnah, detikers sudah tidak bingung kan?

Simak Video "Catat! Ini Amalan Sunnah di Tahun Baru Islam"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia