Ini Beda dan Kesamaan Antara Bahasa Negara Filipina dengan Indonesia

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 11:30 WIB
manila
Foto: (Rudi Chandra/d'Traveler)
Jakarta -

Bahasa resmi negara Filipina adalah Tagalog. Bahasa tagalog telah digunakan secara resmi sejak tahun 1937. Bahasa tagalog memiliki kemiripan dengan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu.

Berdasarkan sejarah, bahasa Tagalog memiliki hubungan yang erat dengan bahasa-bahasa di Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi Utara - Gorontalo, dan Jawa. Sebab itu, bahasa Tagalog memiliki akar yang sama berasal dari Malayo-Polynesian language family.

Lantas bagaimana perbedaan dan persamaan bahasa Tagalog dengan bahasa Indonesia? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Kemendikbudristek:

1. Memiliki Kesamaan di Bilangan

Bahasa Tagalog dan Indonesia sama-sama memiliki kesamaan dengan Bahasa Indonesia dalam bilangan/ angka. Dalam bahasa Tagalog angka 5 dilafalkan dengan lima. Sedangkan satu disebut isa. Angka 7 disebut pito dan 8 disebut walo.

Dalam bahasa Indonesia, isa atau satu bisa disebut sebagai esa. Kemudian dalam bahasa Jawa pito disebut pitu atau 7 dan 8 adalah wolu. Serta angka 5 dilafalkan sama seperti bahasa Tagalog.

2. Kosakata yang Sama dan Mirip

Bahasa resmi negara Filipina adalah Tagalog dan Indonesia memiliki tulisan, pelafalan, dan makna yang sama. Contohnya adalah kosakata kami, langit, dan anak.

Tetapi bahasa Tagalog dan Indonesia juga memiliki kata dengan tulisan sama namun maknanya sangat berbeda. Contohnya adalah mahal di bahasa Tagalog dapat berarti cinta atau sayang. Selanjutnya adalah batik dalam bahasa Tagalog bermakna bintik.

Terdapat juga yang memiliki tulisan berbeda namun maknanya sama seperti ako yang berarti saya dan ikaw memiliki kemiripan dengan engkau yang berarti kamu.

3. Perbedaan Kosakata Secara Umum

Secara umum perbedaan makna kosakata bahasa Tagalog dengan bahasa Indonesia terletak pada pelafalan dan penulisannya. Dalam bahasa Tagalog banyak kosakata yang penulisannya mirip dengan bahasa Indonesia serta memiliki makna yang sama seperti ako (saya), mukha (muka/wajah), dan bangkay (bangkai).

Ada juga kosakata bahasa Tagalog yang memiliki tulisan berbeda namun memiliki makna yang sama. Misalnya tahanan dan hukuman. Dalam bahasa Tagalog, tahanan adalah rumah sedangkan hukuman adalah pengadilan.

Jadi bahasa resmi negara Filipina adalah Tagalog. Bahasa Tagalog terdapat beberapa kesamaan dan perbedaan dengan bahasa Indonesia. Bagaimana detikers apakah sudah memahaminya?



Simak Video "Survei Indikator Politik Indonesia: 44,1% Responden Nilai Ekonomi Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia