ITS Kembali Gelar Vaksinasi COVID-19 Gratis Bagi Masyarakat Umum

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 10:32 WIB
Kampus ITS Surabaya
Foto: Kampus ITS Surabaya (dok. ITS)/ITS Kembali Gelar Vaksinasi COVID-19 Gratis Bagi Masyarakat Umum.
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar vaksinasi gratis civitas akademikanya hingga masyarakat umum. Vaksinasi sudah dimulai sejak Sabtu (31/7/2021) dan direncanakan berlangsung empat hari.

Sebelumnya ITS sudah pernah menggelar vaksinasi pada bulan Maret lalu. Namun menurut Koordinator Tim ITS Siap Vaksin Herdayanto Sulistyo Putro, vaksinasi kali ini lebih banyak melibatkan para mahasiswa, pegawai (dosen dan tenaga kependidikan) dan alumni, serta keluarga.

"Vaksinasi kali ini melibatkan lebih banyak elemen di ITS dibandingkan program vaksinasi ITS pada Maret lalu," kata Herdayanto.

Pria yang akrab disapa Danang ini juga menyatakan, kegiatan vaksinasi digelar dalam upaya mempercepat herd immunity dan memperingati Dies Natalis ITS ke-61. Kegiatan vaksinasi pun mendapat dukungan penuh dari Ikatan Alumni (IKA) ITS dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Dukungan juga datang dari Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dan Rumah Sakit Husada Utama (RSHU). Berkat dukungan dari berbagai pihak tersebut, ITS berhasil menyediakan 6.000 dosis vaksin Sinovac yang siap dibagikan.

"ITS menyediakan total 6.000 dosis vaksin berjenis Sinovac dengan persediaan per harinya sebanyak 1.500 dosis," ujar Danang.

Alur vaksinasi ITS sama dengan sentra vaksinasi lainnya. Peserta mendapat nomor antrean lalu diarahkan ke loket pengecekan berkas, serta mengisi formulir vaksinasi.

Peserta selanjutnya melakukan skrining awal seperti cek tekanan darah dan suhu tubuh sebelum dilakukan vaksinasi. Pihak panitia vaksinasi ITS menyediakan ruangan vaksinasi khusus bagi peserta yang membutuhkan atau berhijab.

"Panitia menyediakan ruang khusus bersekat bagi peserta vaksinasi yang membutuhkan, terutama bagi yang berhijab," ungkap dia.

Kegiatan vaksinasi hari pertama ini turut dihadiri oleh Rektor ITS Mochamad Ashari dan keluarga. Dia hadir sebagai peserta vaksin dosis pertama.

Ashari juga berharap vaksinasi ini dapat segera membentuk imunitas kelompok di lingkungan ITS dan sekitarnya. Sehingga kegiatan belajar mengajar dan penelitian ITS lebih cepat untuk dilaksanakan.

"Bila vaksinasi sudah merata, diharapkan kegiatan ajar-mengajar dan penelitian di ITS dapat dilaksanakan lebih awal," kata Ashari.

Simak Video "Epidemiolog Jelaskan soal Heboh Turunnya Efikasi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia