Ibukota Filipina, yang Ternyata Mirip Jakarta

Rosmha Widiyani - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 09:31 WIB
Bandara Internasional Ninoy Aquino
Foto: Getty Images/iStockphoto/Arkadiusz WarguĊ‚a/Ibukota Filipina, yang Ternyata Mirip Jakarta
Jakarta - Ibukota Filipina adalah Manila yang ternyata mirip Jakarta. Kota Jakarta adalah ibukota Indonesia yang merupakan pusat pemerintahan, bisnis, dan administratif.

Dikutip dari detikTravel, Manila tercatat sebagai salah satu kota dengan penduduk terpadat di dunia pada 2018. Kepadatan penduduk berefek domino pada lingkungan sekitar, salah satunya macet.

Manila sama seperti Jakarta yang identik dengan macet, akibat padatnya penduduk dan kendaraan. Survei kepuasan global yang dibuat aplikasi Waze pernah menyatakan, kemacetan di ibukota Filipina tersebut adalah salah satu yang terburuk di Asia Tenggara.

Polusi menjadi masalah berikutnya yang terjadi di Manila. Di kota tersebut, polusi tidak hanya berasal dari kendaraan. Manila dipenuhi pabrik yang berkontribusi sekitar 98 persen pada polusi di wilayah tersebut.

Terkait keamanan, Manila juga tidak jauh beda dengan Jakarta. Penduduk Manila tidak sepenuhnya aman dari tindakan kriminal setiap hari. Masalah keamanan di Manila kebanyakan terkait narkoba, prostitusi, ormas, hingga kemiskinan.

Penampilan fisik orang Manila sekilas mirip dengan masyarakat Jawa. Kebanyakan menganut agama Kristen, sedikit berbeda dengan Jakarta yang didominasi muslim.

Manila terletak di Luzon yang merupakan pulau terbesar di Filipina. Dikutip dari situs kota Manila, luas wilayah kawasan ini mencapai 38,55 kilometer persegi. Kota ini memiliki 897 barangay atau kelurahan yang menentukan alur pemerintahan di wilayah tersebut.

Gimana detikers, tulisan ibukota Filipina adalah Manila sudah jelas ya. Semoga bisa menambah wawasan kamu ya.

Simak Video "Dua Orang Tewas Akibat Kebocoran Amonia di Pabrik Es Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia