Mata Pencaharian Penduduk Brunei Darussalam, Salah Satu Negara ASEAN

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 20:07 WIB
Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque, Brunei Darussalam, depicting Mughal architecture and Italian style
Mata pencaharian penduduk Brunei Darussalam dari bidang apa saja? Foto: Getty Images/iStockphoto/jikgoe
Jakarta -

Penduduk Brunei Darussalam pada 2018 berjumlah sekitar 442 ribu orang. Mata pencaharian penduduk Brunei Darussalam pada umumnya berada di bidang layanan jasa ekspor impor dan perindustrian yang bergerak di bidang pertambangan serta perkebunan.

Dalam buku IPS untuk SD/MI Kelas 6 karya Suparman, penduduk Brunei Darussalam tinggal di kota-kota sepanjang sungai dan pantai.

Penduduknya terdiri dari etnis Melayu, Cina, suku Kadayan, suku Kadazan, Dayak Iban, serta imigran dari Eropa, Ameria, Eurasia, Afrika, Malaysia, dan Singapura.

Salah satu negara ASEAN ini memiliki penampakan alam berupa dataran rendah serta rawa-rawa dan pantai. Sungai penting di negara ini adalah Sungai Belait, Tudong, Brunei, dan Temburong.

Brunei Darussalam dipimpin oleh kepala negara dan kepala pemerintahan seorang sultan. Mata uangnya Dollar Brunei dan sektor perekonomian utamanya merupakan pertambangan.

Mengapa mata pencaharian sebagian penduduk Brunei Darussalam adalah dari sektor pertambangan?

Negara dengan ibu kota Bandar Seri Begawan tersebut merdeka dari Inggris pada 1 Januari 1984. Meski begitu, Brunei Darussalam merupakan salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Sumber kekayaan ini berasal dari sektor minyak bumi dan gas alam. Menurut buku Geografi dan Sosiologi (IPS Terpadu) utnuk Kelas IX karya Umasih dkk., minyak bumi merupakan sumber utama pendapatan negara ini.

Sebagian besar minyak bumi Brunei Darussalam dihasilkan di dekat Seria, lepas pantai Kuala Belait, Ampar, dan Jerudong. Mata pencaharian penduduk Brunei Darussalam kebanyakan ada di sektor pertambangan, perkebunan, dan pertanian.

Walau begitu, sektor pertanian Brunei Darussalam tidak begitu besar. Hasil pertanian negara tersebut biasanya hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ekspor utama dari Brunei Darussalam adalah minyak bumi dan gas alam cair (LPG). Mengutip dari Sekretariat Nasional Asean-Indonesia, penjualan minyak bumi Brunei Darussalam menyumbang 92% total pendapatan nasional.

Pada daerah-daerah penghasil minyak seperti yang telah disebutkan sebelumnya, produksinya mencapai kurang lebih 200 ribu barrel per hari.

Sementara, hampir semua gas asli Brunei Darussalam dicairkan di Loji Gas Asli Cecair Shell Brunei yang dibuka tahun 1972. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan gas alam cair (LNG) terbesar di dunia.

Lebih dari 82% LNG yang dihasilkan Brunei Darussalam dijual pada Jepang melalui perjanjian jangka panjang yang pembaruannya dilakukan pada 1993. Brunei Darussalam adalah negara pengekspor LNG terbesar keempat di Asia Pasifik.

Itulah mata pencaharian Brunei Darussalam serta sumber kekayaannya. Semoga informasinya bermanfaat, detikers!



Simak Video "Indonesia-Malaysia-Brunei Keluarkan Sikap Bersama: Kutuk Agresi Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia