Top! Sarjana Teknik Ini Terjemahkan Puluhan Karya Sastra Jawa Klasik

Achmad Syauqi - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 13:37 WIB
Bambang dengan beberapa buku cetakan terjemahan karya sastra Jawa klasik. (Achmad Syauqi detikcom)
Top Abis! Sarjana Teknik Ini Terjemahkan Puluhan Karya Sastra Jawa Klasik (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Setelah empat tahun berjalan, lanjut Bambang, sekitar 20 karya sudah diterjemahkan. Mulai karya Ronggowarsito, Mangkunegara IV, Pakubuwana IV sampai Yosodipuro.

"Dari beberapa pujangga itu yang paling sulit karya Yosodipuro II karena bahasa Jawanya paling kuno. Seperti Serat Sasonosunu, Serat Wicarakeras, Nitiprana dan lainnya," jelas Bambang.

Saat ini, imbuh Bambang, dirinya tengah fokus menerjemahkan Serat Centhini baru 500 halaman. Serat tersebut paling banyak sehingga butuh waktu lama.

"Ini baru dapat 500 halaman saya dapat teks dari translate karya Karkono Kamajaya. Entah sampai kapan selesainya, yang orang Perancis saja belum selesai," tutur Bambang yang juga pengusaha mebel.

Bambang mengaku, niatnya menulis karya sastra Jawa klasik ke dalam huruf latin dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia untuk memudahkan generasi muda memahami.

"Saya terjemahkan ke bahasa Indonesia dan saya jabarkan per kata agar mudah dipahami anak -anak muda. Agar filosofinya masuk," sambung Bambang yang memiliki nama samaran Bambang Kusen Almarie itu.

Bambang menambahkan, karya sastra Jawa klasik itu juga tidak bertentangan dengan ajaran Islam sebagai agama mayoritas. Hanya kontekstualisasi berbeda.

"Tidak ada pertentangan menurut saya, hanya kontekstualisasi saja yang beda. Ronggowarsito itu seorang santri, di serat Wulangreh karya PB IV juga ada ajaran agar hidup berdasar Quran, hadis, ijmak dan Qiyas," ucap Bambang yang juga takmir masjid itu.

Atas karya terjemahannya itu, imbuh Bambang, dirinya tidak berorientasi bisnis. Siapapun boleh mengakses blognya dan bukunya dengan hanya mengganti ongkos cetak.

"Saya tidak berpikir bisnis, silahkan kalau mau ambil PDF saya, dicetak juga silahkan. Yang saya cetak cuma ganti ongkos saja, mau cetak ke percetakan saya tak punya modal," tambah Bambang.



Simak Video "Rencana Sri Sultan Usai Lokasi Wisata di Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]

(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia