4 Akibat Negara ASEAN Dilewati Jalur Sirkum Pasifik Beserta Rutenya

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 07:03 WIB
TALISAY, PHILIPPINES - JANUARY 12: Residents look on as Taal Volcano erupts on January 12, 2020 in Talisay, Batangas province, Philippines. Local authorities have begun evacuating residents near Taal Volcano as it began spewing ash up to a kilometer high Sunday afternoon. The Philippine Institute of of Volcanology and Seismology has raised the alert level to three out of five, warning of the volcanos continued
Akibat negara ASEAN dilewati Sirkum Pasifik seperti letusan gunung api yang terjadi di Filipina (Foto: Ezra Acayan/Getty Images)
Jakarta - Sejumlah negara di ASEAN dilalui oleh Sirkum Pasifik. Apa akibat banyak negara ASEAN dilewati Sirkum Pasifik tersebut?

Sirkum menurut buku IPS Terpadu: Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah Kelas VII karya Nana Supriatna, Mamat Ruhimat dan Kosim berarti rangkaian.

Akibat dari proses struktural lipatan, terbentuklah permukaan bumi yang berupa jalur pegunungan lipatan dunia. Di permukaan bumi ini, ada dua sistem pegunungan lipatan muda, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Apa yang dimaksud dengan jalur lipatan Sirkum Mediterania?

Sirkum Mediterania dimulai dari Pegunungan Alpen di Eropa dan bersambung ke Pegunungan Himalaya di Asia. Lalu, masuk ke wilayah Indonesia melalui Pulau Sumatra.

Sirkum Mediterania ke Indonesia membentuk dua busur, yaitu busur dalam vulkanik dan busur luar nonvulkanik. Sirkum Mediterania di Indonesia membentang dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Apa yang dimaksud dengan jalur lipatan Sirkum Pasifik?

Sirkum Pasifik dimulai dari barisan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lalu bersambung ke Pegunungan Rocky di Amerika Utara, Jepang, hingga Filipina.

Jalur ini memasuki wilayah Indonesia melalui Pulau Sulawesi. Sirkum Pasifik juga bercabang ke Pulau Halmahera dan akhirnya sampai Papua.

Apa akibat dari banyaknya negara ASEAN yang dilewati Sirkum Pasifik?

Pada buku Top Book SMP Kelas IX karangan Tim Sigma, letak geologis ASEAN pada jalur Sirkum Mediterania adalah berasal dari Eropa, Himalaya, Arakan Yoma, Sumatra, Jawa, Bali, dan Kepulauan Banda.

Sementara, pada jalur Sirkum Pasifik bermula dari Amerika, Jepang, Filipina, Sulawesi, dan kepulauan Banda. Sehingga, negara-negara di ASEAN banyak yang memiliki gunung berapi.

Mengutip dari berbagai sumber, ada dampak positif dan negatif dari dilaluinya negara-negara ASEAN oleh Sirkum Pasifik dan Mediterania ini. Berikut ini detikEdu telah merangkumnya.

1. Karena dilalui jalur gunung berapi, maka memiliki tanah yang subur

2. Cocok sebagai lahan pertanian

3. Rawan gempa bumi

4. Rawan letusan gunung berapi

Itu dia, jalur dan akibat dari banyaknya negara ASEAN yang dilewati Sirkum Pasifik maupun Mediterania. Semoga bermanfaat detikers!



Simak Video "Ganasnya Lava Gunung Cumbre Vieja Mengancam La Palma"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia