8 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih dan Nama Latinnya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 15:37 WIB
8 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih atau Stolon
Foto: Rumah Belajar Kemendikbud/8 Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih atau Stolon.
Jakarta - Geragih adalah salah satu alat perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Biasanya, tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih memiliki batang yang lunak.

"Tumbuhan baru akan tumbuh pada buku-buku geragih dan tidak bergantung lagi pada induknya. Geragih banyak tumbuh dan menjalar di permukaan tanah dengan bentuk yang berbuku-buku," tulis laman Ayo Guru Berbagi Kemendikbud dikutip detikEdu Jumat (30/7/2021).

Alat perkembangbiakan vegetatif alami geragih kerap disebut juga sebagai stolon. Geragih sekilas tampak seperti modifikasi batang yang tumbuh menyamping atau mendatar.

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih biasanya berasal dari jenis terna. Tumbuhan ini tidak sulit ditemukan di lingkungan sekitar tempat tinggal manusia. Berikut contohnya,

8 tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih:

  1. Stroberi (Fragaria sp)
  2. Arbei (Rubus rosaefolius)
  3. Semanggi (Marsilea L)
  4. Pegagan atau antanan (Centella asiatica)
  5. Rumput teki (Cyperus rotundus)
  6. Rumput grinting (Cynodon dactylon)
  7. Eceng gondok (Eichornia crassipes)
  8. Kentang (Solanum tuberosum)

Untuk kentang, geragih melakukan modifikasi menghasilkan umbi batang. Hasil modifikasi vegetatif alami kentang biasa dikonsumsi manusia pada kehidupan sehari-hari.

Geragih bukan satu-satunya alat perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Metode lainnya adalah rhizoma atau akar tinggal, spora, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, tunas, dan tunas adventif.

Vegetatif adalah cara tumbuhan memperbanyak diri atau berkembang biak tanpa proses kawin. Metode vegetatif alami mengindikasikan tanpa campur tangan manusia, sehingga berbeda dengan cara stek atau cangkok.

Bagaimana detikers, sudah jelas tentang tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih? Selamat belajar ya.

Simak Video "Gerak Kementan Tingkatkan Ekspor Tanaman Hias"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia