Hari Persahabatan Sedunia Diperingati 30 Juli, Ini Sejarahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 13:30 WIB
Young women are having fun on the green field in the evening.
Foto: Shutterstock/
Jakarta - Hari Persahabatan Sedunia atau International Friendship Day diperingati setiap tanggal 30 Juli. Apakah detikers tahu sejarahnya?

Mengutip dari laman Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Hari Persahabatan Internasional ditetapkan oleh Majelis Umum PBB. Gagasan terbentuknya adalah bahwa persahabatan antar masyarakat, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas.

Agar mengetahui lebih lengkap soal Hari Persahabatan Sedunia ini, simak paparan asal mulanya di bawah ini.

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia

Pada mulanya, International Friendship Day adalah tindak lanjut dari proposal yang dibuat oleh UNESCO. Proposal tersebut mendefinisikan Culture of Peace atau Budaya Damai sebagai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang menolak kekerasan dan berusaha mencegah konflik dengan mengatasi akar penyebabnya.

Ide ini kemudian diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1977.

Walau demikian, menurut National Today, Hari Persahabatan Dunia yang pertama diusulkan jauh sebelum PBB menetapkannya. Peringatan tersebut secara perdana diusulkan pada 1958 oleh World Friendship Crusade.

Organisasi ini merupakan komunitas sipil internasional yang mengkampanyekan budaya damai melalui persahabatan. Paraguay merupakan negara pertama yang merayakannya secara nasional.

Jika ditarik hingga masa-masa sebelum itu, bahkan di tahun 1919, Amerika Serikat telah memperingati Hari Persahabatan secara tidak resmi. Di tahun 1930, kartu ucapan juga mulai diperkenalkan oleh perusahaan Hallmark untuk menunjukkan hubungan spesial dalam bentuk ucapan.

Hari Persahabatan di seluruh dunia

Selain peringatan secara internasional, banyak negara di dunia yang juga mempunyai tanggal peringatan Hari Persahabatan sendiri. Ini dia beberapa contohnya.

1. Spanyol: 20 Juli

2. India: hari Minggu pertama di bulan Agustus

3. Bolivia: 23 Juli

4. Finlandia: 14 Februari

5. Kolombia: Sabtu kedua di bulan Maret

Nah, itu momen-momen penting yang menjadi bagian dari sejarah Hari Persahabatan Sedunia. Detikers juga merayakannya, bukan?



Simak Video "Jokowi Bicara Kekhawatiran Marginalisasi Perempuan di Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia