13 Contoh Hasil Pertambangan Negara Filipina dan Daerah Penghasilnya

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 30 Jul 2021 07:00 WIB
Penambang emas tradisional harus bernafas dalam lumpur, di tengah rawa Paracale, Filipina. Tindakan nekat tanpa peralatan industri tersebut dilakukan untuk mencari sebongkah emas.
Emas, salah satu hasil pertambangan negara Filipina (Foto: Getty Images/Jes Aznar)
Jakarta - Hasil pertambangan negara Filipina yang paling utama adalah nikel. Nikel merupakan logam sangat berguna yang dimanfaatkan untuk berbagai bidang misalnya untuk pembuatan baterai dan melapisi logam lain.

Dikutip dari buku IPS Terpadu 3B Kelas IX karangan Anwar Kurnia, Filipina merupakan negara kepulauan. Ada 7.000 pulau di negara ini, tapi hanya 800 yang dihuni.

Dua pulau terbesar di negara Filipina adalah Pulau Luzon dan Pulau Mindanao. Di samping itu, ada pulau-pulau besar lainnya yakni Pulau Mindoro, Panay, Negros, Samar, Cebu, Bohol, dan Palawan.

Negara Filipina merdeka pada 4 Juli 1946. Dan penduduknya terdiri dari berbagai macam suku bangsa.

Suku bangsa yang ada di Filipina antara lain adalah Melayu Tagalog, Visayan, dan Ilocano sebanyak 95%. Ada juga keturunan Cina sebesar 2% dan Moro sebesar 3%. Sementara, penduduk aslinya sendiri adalah Aeta (Negrito).

Di sektor perekonomian, Filipina sebetulnya merupakan negara agraris. Padi menjadi hasil utama pertanian. Di negara Filipina, padi dihasilkan di Luzon Tengah, Pulau Panay, Leyte, Samar, dan Mindanao.

Filipina juga memiliki hasil perikanan laut. Daerah yang banyak menghasilkannya adalah di sekitar Pulau Palawan, Negros, Panay, dan Mindanao.

Filipina merupakan salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia setelah Indonesia. Lembaga ilmiah Amerika Serikat, United States Geological Survey mengeluarkan laporan Mineral Commodity Summaries 2020 yang menyebut tahun 2019 Filipina memproduksi 420 ribu metrik ton nikel.

Hasil pertambangan negara Filipina selain nikel yakni:

1. Tembaga

2. Emas

3. Perak

4. Bijih besi

5. Mangan

6. Timbal

7. Seng

8. Kobalt

9. Kromit

10. Batu bara

11. Minyak bumi

12. Gas

Sebagai jabaran, Filipina mengolah minyak mentah impor dengan membangun kilang minyak di Teluk Manila dan Teluk Batangas. Melansir dari buku IPS SD/MI Kelas 6 karya Suparman, emas dan perak dihasilkan di Luzin, Baguio, Mindanao, dan Cebu.

Mangan dihasilkan di wilayah Palawan, Bohol, dan Mindanao. Lalu, biji besi dihasilkan di Luzon, Cebu, dan Mindanao. Tembaga dihasilkan di Luzon serta Mindanao. Sementara, kromit dihasilkan di pegunungan Zambalis di pulau Luzon.

Jadi, hasil pertambangan negara Filipina juga cukup banyak ya, detikers. Semoga informasinya bermanfaat!



Simak Video "Filipina Berencana Larang Pelancong Indonesia Masuk Negaranya"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia