Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia? Ini Penjelasan BPIP

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 29 Jul 2021 14:00 WIB
Beragam kegiatan digelar di Kampung Teras Pancasila guna peringati Hari Lahir Pancasila. Salah satunya mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila pada anak-anak.
Foto: Ari Saputra/Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia? Ini Penjelasan BPIP
Jakarta - Pancasila punya arti yang sangat besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila memang tak mungkin lepas dari pembentukan karakter hingga praktik sehari-hari kehidupan masyarakat.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, ditinjau dari lima sila. Kelimanya menentukan cara manusia Indonesia bersikap dan mengambil keputusan.

Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Berikut makna dan arti Pancasila berdasarkan lima sila dikutip dari situs BPIP:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Arti Pancasila dari sila pertama ini adalah warga negara Indonesia percaya dan bertakwa pada Tuhan. Perwujudan rasa percaya dan takwa tentunya disesuaikan dengan agama dan kepercayaan tiap orang.

Makna sila pertama ini mengingatkan warga Indonesia pentingnya saling menghormati dan menghargai. Toleransi di tengah keragaman memungkinkan terciptanya kehidupan yang rukun.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Di sila kedua ini, tiap warga diminta memahami kesamaan derajat pada tiap manusia. Artinya, seluruh manusia harus saling menyayangi dan menghormati tanpa kecuali serta lepas dari pengaruh SARA

Perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan tidak jadi alasan untuk acuk, tidak membantu, dan enggan saling menjaga sesama. Seluruh manusia selanjutnya bisa saling kerja sama untuk membela kebenaran dan keadilan di masyarakat.

3. Persatuan Indonesia

Arti Pancasila di sila ketiga ini adalah, bangsa Indonesia dituntut mengutamakan kepentingan negara dibanding pribadi atau antar golongan. Persatuan dan kesatuan tentunya juga harus menjadi prioritas utama.

Manusia Indonesia wajib memiliki kepribadian rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, serta bangga pada negara. Karakter ini wajib dimiliki seluruh warga Indonesia tanpa kecuali.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat dalam Pancasila ini mengajak untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain. Arti lainnya adalah ajakan selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain.

Arti Pancasila ini tidak menampik adanya perbedaan pendapat dan cara pandang dalam masyarakat. Namun perbedaan harus diselesaikan lewat diskusi, dengan mengutamakan kepentingan bersama di atas pribadi.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna sila kelima dalam Pancasila ini adalah pentingnya pengembangan perbuatan baik, dengan cara kekeluargaan dan gotong royong. Sila ini juga mengingatkan pentingnya bersikap adil.

Contoh sikap adil adalah menjaga keseimbangan antara hal dan kewajiban. Jangan sampai warga Indonesia hanya menuntut hak namun melupakan kewajibannya. Hal lain yang tak kalah penting adalah selalu menghormati hak orang lain.

Dengan tulisan ini, jelas ya apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia buat para detikers. Semoga detikers nggak kesulitan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Simak Video "Besok Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Tak Gelar Upacara Fisik"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia