Upaya Pelestarian Lingkungan Alam yang Bisa Kita Lakukan

Tim detikEdu - detikEdu
Kamis, 29 Jul 2021 08:40 WIB
hari bumi
Upaya Pelestarian Lingkungan Alam yang Bisa Kita Lakukan (Ilustrasi Foto: Twitter)
Jakarta - Lingkungan alam merupakan hal yang penting untuk dijaga kelestariannya. Hal ini karena akan besar dampaknya dan mempengaruhi keberlangsungan hidup kita sebagai manusia. Berikut berbagai Upaya Pelestarian Lingkungan Alam yang bisa kita lakukan.

Paperless

Kelestarian hutan dan berbagai pepohonannya sebagai paru-paru dunia sangat penting dijaga kelestariannya. Jangan sampai hutan menjadi gundul, sehingga tak ada lagi yang akan mengolah dan menyaring berbagai polusi udara yang ada menjadi oksigen yang sangat penting dan detikers hirup udaranya setiap harinya. Nah salah satu cara guna turut serta menjaga kelestarian hutan dan berbagai pepohonannya tersebut ialah dengan berusaha meminimalisir semaksimal mungkin penggunaan kertas dalam hidup keseharian detikers.

Perlu detikers ketahui bahwa bahan dasar pembuatan kertas ialah pohon-pohon besar yang ada di hutan yang akan dibuat menjadi bubur kertas dan lalu diolah menjadi kertas dalam berbagai ukuran dan ketebalannya. Semakin banyak penggunaan kertas maka akan semakin banyak pohon yang harus ditebang. Gerakan paperless akan menguranginya. Salah satu caranya ialah detikers bisa mengubah berbagai kegiatan dan pendokumentasian dengan secara elektronik dan online.

Kini telah tersedia penyimpanan dokumen secara cloud pula yang bisa detikers manfaatkan. Sehingga penggunaan kertas bisa dieliminir, dan lain sebagainya, yang penting pakai kertas seminim mungkin, dan hindari penggunaan kertas.

Hemat Listrik

Produksi listrik kebanyakan masih dihasilkan dari sumber batu bara, yang tinggi polusi udaranya. Sebagai upaya pelestarian alam maka detikers bisa berusaha meminimalisir penggunaan listrik. Jangan mentang-mentang merasa bisa membayar biaya tagihan listrik lantas sembarangan dan boros dalam penggunaan aliran listrik. Perlu diingat detikers bahwa masih banyak juga saudara-saudara kita di tempat terpencil yang belum sempat mendapat dan merasakan fasilitas pasokan aliran listrik.

Tindakan sehari-hari secara sederhana yang bisa detikers lakukan antara lain ialah dengan mematikan lampu ketika sudah ada cahaya matahari ketika siang telah tiba. Juga dengan membatasi pemakaian AC dengan mengenakan pakaian yang tipis juga segera mematikan AC pada saat ruangan tidak digunakan, serta mencopot colokan listrik pada saat gadget dan berbagai peralatan listrik sudah tidak digunakan lagi dan lain sebagainya yang akan menghemat konsumsi listrik. Meskipun kesannya ringan dan sepele namun hal-hal kecil seperti ini akan terakumulasi dan membawa efek yang sangat besar pada akhirnya nanti guna melakukan penghematan listrik.

Kurangi Polusi Udara

Pencemaran udara akan sangat membebani bumi dan kesehatan manusia yang terpapar polusi udara. Selain asap pabrik ada juga beberapa hal lainnya dalam kegiatan keseharian yang juga merupakan sumber polusi dan pencemaran udara, yakni seperti asap kendaraan bermotor, juga asap rokok dan asap bakaran sampah dan lain sebagainya.

Oleh karenanya berusahalah untuk meminimalisirnya dalam keseharian. Jika jarak tempuh cukup dekat tak ada salahnya jika memilih untuk berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan bermotor. Juga bisa lebih memilih menggunakan kendaraan listrik daripada menggunakan kendaraan konvensional yang masih menggunakan bahan bakar bensin.

Bensin terbuat dari fosil yang merupakan sumber tak terbarukan, yang bisa habis suatu waktu. Oleh karenanya detikes bisa memilih menggunakan bis listrik juga mobil listrik maupun sepeda listrik misalnya. Lalu juga bisa meminimalisir penggunaan kendaraan berbahan bakar bensin, dan pemborosan pemakaiannya seperti ketika saat macet yang akan membuat bahan bakar bensin terbuang percuma di jalanan dan membuat polusi udara.

Itulah detikers beberapa hal yang simple dan mudah bisa dilakukan guna turut serta dalam upaya melestarikan lingkungan alam.

Simak Video "Menteri LHK Ajak Restorasi Ekosistem di Hari Lingkungan Hidup"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia