8 Skill Pekerjaan Yang Harus Dimiliki, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 28 Jul 2021 20:00 WIB
ilustrasi ibu bekerja
Foto: Getty Images/8 Skill Pekerjaan Yang Harus Dimiliki, Apa Saja?
Jakarta - Buat detikers akan terjun ke dunia pekerjaan, ada delapan skill pekerjaan yang harus dimiliki. Kemampuan ini biasanya disebut sebagai employability skill atau soft skill.

Soft skill membuat kalian terlihat menonjol dalam menyelesaikan pekerjaan. Dikutip dari laman resmi Youth Central Australia, keterampilan ini beragam mulai dari komunikasi hingga kerja sama.

Berikut 8 skil pekerjaan yang harus dimiliki:

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Komunikasi di sini maksudnya adalah dapat menyampaikan dengan jelas pesan yang ingin disampaikan baik melalui lisan dan tulisan.

Berkomunikasi berarti juga pandai mendengarkan dan memahami perkataan seseorang dengan baik. Selain itu juga terdapat komunikasi non verbal yaitu menggunakan gerakan tubuh.

2. Kerja sama tim

Kerja sama tim berarti dapat bekerja dengan baik bersama orang-orang di sekitar. Hal tersebut mencakup bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

3. Kemampuan menyelesaikan masalah

Kemampuan menyelesaikan masalah ketika menemukan kesulitan saat bekerja. Kemampuan ini berarti melibatkan keahlian berpikir logis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

4. Inisiatif dan Berusaha

Berinisiatif dan berusaha berarti mencari sesuatu yang harus dikerjakan tanpa harus disuruh. Kemampuan ini melibatkan berpikir kreatif untuk meningkatkan pekerjaan sebelumnya.

5. Membuat dan mengatur rencana

Skill pekerjaan yang harus dimiliki selanjutnya adalah membuat rencana dan mengatur. Kemampuan ini berarti merencanakan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana kalian mengaturnya. Kemampuan membuat rencana dan mengatur juga melibatkan mengembangkan waktu sebuah projek dan membuat batas waktu dalam pekerjaan.

6. Manajemen pribadi

Manajemen pribadi berarti mampu mengerjakan sesuatu sendiri tanpa dicek oleh orang lain setiap saat. Kedua adalah memiliki deadline sendiri dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Ketiga adalah mampu memberikan tugas kepada orang lain untuk memastikan tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

7. Belajar

Belajar adalah keinginan untuk memahami hal-hal baru dan dapat memahaminya secara cepat. Hal tersebut juga termasuk mengerjakan tugas baru dan beradaptasi terhadap perubahan.

8. Melek teknologi

Di era teknologi seperti ini, kemampuan menggunakan berbagai macam teknologi merupakan hal penting yang harus dimiliki.

Kemampuan ini juga melibatkan penggunaan media sosial, bekerja dengan perangkat lunak desain atau pengeditan video atau mengetahui bahasa pemrograman. Keterampilan teknologi lainnya berkaitan dengan perangkat keras, mesin kasir, kamera, atau studio rekaman.

Demikianlah delapan skill pekerjaan yang harus dimiliki. Detikers jangan lupa kuasai keahlian ini ya!

Simak Video "Ngaku Pejabat PT Hino Purwakarta, Dua Orang Ini Tipu Puluhan Calon Tenaga Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia