4 Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 28 Jul 2021 12:30 WIB
Peta Geotektonik Hindia Belanda (Indonesia) yang dibuat Jozef Zwierzycki pada 1930
Foto: Dok DR J.T van Gorsel/4 Teori Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Jakarta - Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras. Namun, adakah yang tau asal usul nenek moyang bangsa Indonesia sebenarnya dari mana?

Ternyata, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari mana telah ditelaah oleh para ahli sejarah dan antropologi. Berikut penjelasannya secara lengkap.

Jelaskan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia secara singkat:

Dikutip dari buku 'Sejarah Indonesia untuk SMA/MA' karya Windriati, ada 4 teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia secara singkat

  • 1. Teori Yunnan

Teori pertama menyatakan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunnan, China. Teori ini juga didukung oleh Mohammad Ali yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang terdesak oleh bangsa yang lebih kuat sehingga melakukan migrasi ke Selatan.

Selain itu, R H Geldern dan J H C Kern juga mendukung teori ini dengan bukti adanya kapak tua di wilayah bangsa Nusantara yang memiliki kemiripan dengan kapak tua yang ada di Asia Tengah. Dengan begitu, disimpulkan bahwa penduduk Asia Tengah melakukan migrasi ke kepulauan Nusantara.

  • 2. Teori Nusantara

Teori Nusantara menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Teori ini didukung oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J Crawford.

Teori ini dilandasi oleh beberapa argumen, antara lain Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban ini tidak mungkin bisa dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.

  • 3. Teori Out of Taiwan

Dalam teori ini, dijelaskan asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Taiwan, bukan Daratan China. Teori ini didukung oleh Harry Truman Simanjuntak.

Menurut pendekatan linguistik, dijelaskan bahwa dari keseluruhan bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia. Rumpun tersebut dikenal dengan rumpun Taiwan.

  • 4. Teori Out of Africa

Teori terakhir menyatakan bahwa manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Dasar teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan laki-laki.

Menurut ahli dari Amerika Serikat, Max Ingman, manusia modern yang ada sekarang ini berasal dari Afrika, antara kurun waktu 100-200 ribu tahun lalu. Dari Afrika menyebar ke luar Afrika.

Jadi kamu percaya teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia yang mana, detikers?



Simak Video "Melihat Patung Ikonik Daendels dan Pangeran Kornel di Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia