Simak! 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Kuliah Online

Anastasia Anjani - detikEdu
Rabu, 28 Jul 2021 12:00 WIB
Businesswoman sitting in front of a laptop and thinking. Female is sitting at boardroom table with her laptop.
Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta - Kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia menyebabkan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring salah satunya kuliah online. Saat kuliah online banyak mahasiswa yang mengalami rasa jenuh dan stress.

Bagaimana mengatasi rasa jenuh dan stress serta menjaga kesehatan mental saat kuliah online? Berikut adalah tipsnya yang dirangkum dari laman Dikti Vokasi:

1. Memiliki Pola Hidup Teratur

Hal pertama yang harus detikers lakukan untuk menjaga kesehatan mental dimulai dari diri sendiri. Motivasilah diri untuk memiliki pola hidup yang teratur selama masa pandemi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur jadwal olahraga, kuliah, belajar, mengerjakan tugas, membersihkan rumah, jadwal tidur, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki hidup yang lebih teratur, kalian akan merasa lebih produktif karena memiliki kegiatan yang jelas setiap harinya.

2. Diet Sosial Media

Melakukan diet sosial media merupakan hal penting. Terpaan informasi yang berlebihan dari media sosial akan memiliki efek yang buruk untuk kondisi pikiran dan mental. Kurangi mengkonsumsi informasi yang membuat takut dan cemas.

3. Batasi Waktu Menatap Layar

Sudah pasti jika kuliah online banyak waktu kalian dihabiskan untuk menatap layar. Pastikan setelah selesai kuliah online beristirahat menatap layar. Menatap layar terlalu lama akan membuat mata menjadi lelah.

4. Tetap Bersosialisasi

Untuk menjaga pikiran agar tetap waras setelah kuliah online tetaplah bersosialisasi dengan teman-teman. Walaupun interaksi sosial secara tatap muka dibatasi, kalian tetap bisa berkomunikasi melalui internet. Bicarakanlah hal yang menyenangkan saat berkomunikasi dengan teman.

5. Melakukan Hal-Hal yang Membuat Bahagia

Melakukan hal-hal yang membuat bahagia dapat dijadikan sebagai relaksasi. Kalian dapat melakukan hobi kesukaan seperti menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, atau bermain game. Lakukanlah kegiatan-kegiatan positif tersebut.

6. Berbuat Kebaikan

Berbuat kebaikan di masa pandemi dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan dapat berdampak positif untuk orang-orang sekitar. Menolong orang lain kini banyak dilakukan di media sosial dan akan memotivasi detikers untuk menjadi orang yang positif.

Itulah 6 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental saat kuliah online. Jangan lupa apresiasi diri sekecil mungkin ya detikers!



Simak Video "Toxic Positivity, Racun Dibalik Ucapan Semangat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia