Kewajiban Warga Negara Indonesia Menurut Alinea I Pembukaan UUD 1945

Kristina - detikEdu
Kamis, 22 Jul 2021 12:15 WIB
Tingginya kasus Corona (COVID-19) di Indonesia membuat permintaan obat-obatan dan vitamin meningkat. Warga rela antre ke apotek demi membeli kebutuhan.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta - Hak dan kewajiban warga negara Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus berjalan beriringan. Apa saja kewajiban warga negara?

Kewajiban warga negara Indonesia (WNI) telah diatur dalam konstitusi Indonesia. Seperti pada pasal 23, 27, dan 30. Selain itu, ada kewajiban warga negara yang diatur dalam alinea I Pembukaan UUD 1945. Alinea tersebut berbunyi:

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

Dijelaskan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK kelas X oleh Retno Listyarti dan Setiadi, kewajiban warga negara Indonesia dalam alinea I pembukaan UUD 1945 tersebut adalah menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.

Nilai-nilai tersebut juga teruang dengan jelas dalam Pancasila sila ke-2 dan ke-5. Dilansir dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Indonesia, sila kedua memiliki makna bahwa warga negara diminta untuk memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama.

Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara untuk saling menyayangi, membantu, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerja sama dalam mewujudkan kedamaian negara.

Sementara itu, sila kelima bermakna untuk mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan, gotong royong, dan bersikap adil. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Untuk itu, setiap warga negara wajib menghormati hak-hak orang lain.

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan oleh Rishi Suparianto, ada 5 kewajiban dasar yang diatur dalam konstitusi Indonesia. Kelima hal tersebut antara lain:

1. Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.
2. Wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali.
3. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
4. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
5. Wajib mengenyam pendidikan dasar (negara berkewajiban untuk membiayai).

Kewajiban dasar warga negara Indonesia secara terperinci diatur dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Sebagai berikut:

1. Setiap orang yang berada di wilayah negara Republik Indonesia wajib patuh pada peraturan perundang-undangan, hukum tak tertulis, dan hukum internasional mengenai hak asasi manusia yang telah diterima oleh negara Republik Indonesia.

2. Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

3. Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain, moral, etika, dan tata tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4. Setiap hak asasi manusia seseorang menimbulkan kewajiban dasar dan tanggung jawab untuk menghormati hak asasi orang lain secara timbal balik serta menjadi tugas pemerintah untuk menghormati, melindungi, menegakkan, dan memajukannya.

5. Setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan oleh Undang-undang dengan
maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.

Bagaimana, detikers, sudah paham kewajiban warga negara Indonesia?



Simak Video "Gaduh Wacana Amandemen Usai PAN Merapat ke Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia