5 Etnik Terbesar di Negara Singapura, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 17:00 WIB
Singapura, negara paling aman di Asia Tenggara
Foto: Singapura, negara paling aman di Asia Tenggara (Thinkstock)/5 Etnik Terbesar di Negara Singapura, Apa Saja?
Jakarta - Singapura adalah negara yang terletak di Semenanjung Melayu berbatasan dengan Malaysia dan Indonesia dengan luas wilayah 704 km2. Negara ini terdiri dari berbagai etnik dan budaya. Etnik terbesar di negara Singapura adalah etnik Tionghoa (75%), Melayu (14%), dan India (9%).

Dalam sehari-harinya Singapura menggunakan bahasa Inggris dan bahasa ibu seperti bahasa Mandarin, Melayu, dan Hindi yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Selain itu berdasarkan statistic, 50% penduduk Singapura beragama Budha atau Tao, 15% beragama Kristen, dan 14% beragama Islam.

Berikut adalah penjelasan mengenai 5 etnik terbesar di negara Singapura yang dikutip dari berbagai sumber.

  • 1. Tionghoa

Etnik terbesar di negara Singapura adalah etnik Tionghoa. Etnik ini mencakup hampir tiga perempat penduduk negeri Singapura. Bukan menjadi hal yang mengherankan apabila budaya, bahasa, makanan, hiburan, dan festival Tionghoa sangat menonjol di Singapura. Festival Imlek pun dirayakan dengan penuh antusias.

  • 2. Melayu

Melayu merupakan etnik terbesar kedua di Singapura. Kebudayaan Melayu kemudian memengaruhi kebudayaan lain yang datang ke Singapura. Orang Melayu di Singapura awalnya berasal dari daerah sekitar termasuk pulau Jawa dan Bawean di Indonesia dan juga semenanjung Malaysia.

Kuliner khas Melayu pun juga mewarnai hidangan khas Singapura seperti nasi lemak (nasi wangi yang dimasak dengan santan dan daun pandan) dan mee rebus (mi kuning berkuah pedas).

  • 3. India

India adalah kelompok etnik terbesar di negara Singapura ketiga dan merupakan salah satu populasi India terbesar di luar negeri. Hampir 60% dari penduduk India di Singapura merupakan etnis keturunan Tamil. Lebih dari separuh etnik India di Singapura juga beragama Hindu.

Bagi detikers yang berkunjung ke Singapura jangan heran apabila mendapati banyak makanan khas India di Singapura. Makanan yang paling favorit yaitu thosai (panekuk gurih) dan vadai (aneka gorengan).

Selain itu festival India seperti Deepavali atau festival cahaya dan Thaipusam atau upacara penyucian diri.

  • 4. Eurasia

Komunitas Eurasia merupakan komunitas kecil di Singapura namun sangat berpengaruh. Kelompok etnis ini adalah perpaduan dari garis keturunan Eropa dan Asia serta menetap di Singapura sejak awal abad ke 19.

Orang Eurasia di Singapura berasal dari bangsa Portugis, Belanda, atau Inggris dan untuk Asia berasal dari Tiongkok, Melayu, atau India.

  • 5. Peranakan

Etnik terbesar di negara Singapura terakhir adalah Peranakan yang merupakan paduan dari etnik Tionghoa, India, dan Melayu di Singapura. Etnik Peranakan memiliki makanan khas Hidangan Nyonya yang dinamai karena pembuatnya adalah wanita.

Makanan khas ini memiliki pengaruh kuat dari Melayu dan Indonesia dalam penggunaan santan dan rempah-rempah. Selain itu, etnik Peranakan juga memiliki kebaya nyonya yang menampilkan detail-detail yang dibordir dan dipengaruhi oleh sarong kebaya Melayu.

Berdasarkan penjelasan di atas etnik terbesar di negara singapura adalah etnik Tionghoa. Bagaimana detikers apakah tertarik mengunjugi Singapura?



Simak Video "Singapura Lockdown Parsial Sebulan, Pertemuan Maksimal 2 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia