Formasi CPNS 2021, 5 Jurusan dengan Jumlah Lowongan Terbanyak

Rosmha Widiyani - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 11:46 WIB
Tes CPNS Pemkab Lamongan
Foto: Eko Sudjarwo/Formasi CPNS 2021, 5 Jurusan dengan Jumlah Lowongan Terbanyak
Jakarta - Pendaftaran lowongan CPNS 2021 dan PPPK guru serta non guru masih dibuka hingga hari ini, Selasa (13/7/2021). Sebelum pembukaan seleksi CPNS 2021, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sempat menyebutkan formasi dengan alokasi terbanyak.

Alokasi terbanyak Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 adalah tenaga teknis. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yang ingin ASN lebih banyak terjun langsung ke lapangan atau dekat dengan masyarakat. ASN bukan hanya tenaga administrasi.

"Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PANRB, agar memperbanyak tenaga teknis yang bisa langsung terjun ke masyarakat dalam rangka mengurangi ASN yang melaksanakan tugas administrasi," kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Formasi dengan alokasi terbanyak dalam lowongan CPNS 2021 adalah:

A. Untuk pusat

  • Jabatan dosen
  • Penjaga tahanan
  • Penyuluh keluarga berencana
  • Analis perkara peradilan
  • Pemeriksa.

B. Untuk daerah

  • Guru bimbingan konseling, teknologi informasi dan komputer, dan matematika
  • Tenaga kesehatan perawat, dokter, dan asisten apoteker
  • Jabatan teknis: pranata komputer, polisi kehutanan, dan pengawas benih tanaman.

Dengan formasi tersebut bisa diperkirakan jurusan yang punya peluang terbesar lulus CPNS 2021. Berikut daftarnya,

5 jurusan dengan lowongan terbanyak di formasi CPNS 2021:

1. Jurusan pendidikan

Pemerintah menyediakan lowongan guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.022.616 formasi. Sebanyak 27.303 formasi adalah guru agama yang menjadi kewenangan Kementerian Agama.

2. Jurusan kesehatan

Jurusan terkait kesehatan dalam lowongan CPNS 2021 dan PPPK guru serta non guru meliputi keperawatan, kedokteran, dan farmasi. Namun tidak menutup kemungkinan bagi jurusan lain asal sesuai syarat dari lembaga atau instansi terkait.

3. Komputer/sistem informasi

Mahasiswa yang memilih jurusan terkait komputer atau sistem informasi dalam seleksi CPNS 2021, mungkin bisa bernapas lega. Formasi pranata komputer tersedia di hampir semua lowongan pemerintah daerah. Tentunya sebelum jadi CPNS, semua syarat lain harus terpenuhi.

4. Komunikasi

Salah satu formasi yang membutuhkan jurusan komunikasi adalah penyuluh keluarga berencana. Formasi ini akan ditempatkan di BKKBN Sumatera Utara, Yogyakarta, Bali, Jawa Tengah, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Aceh.

5. Hukum

Jurusan hukum dibutuhkan di beberapa formasi salah satunya analis perkara peradilan. Lowongan ini disediakan Mahkamah Agung dalam formasi CPNS 2021. Penyediaan alokasi mencapai 1.540 dan disiapkan mengikuti seleksi calon hakim.

Buat yang jurusannya tidak masuk dalam alokasi lowongan CPNS 2021 tidak perlu berkecil hati. Kemungkinan lulus masih ada asal mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Selamat mengikuti seleksi CPNS 2021 ya dan semoga beruntung.

Simak Video "Siap-siap! Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Diumumkan Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia