Patriotisme: Arti, Perbedaan dengan Nasionalisme dan Contohnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 12 Jul 2021 14:45 WIB
Murid-murid sekolah Minggu Gereja Bethel Indonesia (GBI) Eben Haezer Jakarta Pusat dengan berkaian adat menyanyikan lagu-lagu nasional saat karnaval di Bunderan HI, Jakarta (21/08/2016). Kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71  ini dalam rangka menanamkan cinta bangsa dan cinta tanah air sejak dini. Hasan Alhabshy/detikcom
Foto: Hasan Alhabshy/Patriotisme: Arti, Perbedaan dengan Nasionalisme dan Contohnya
Jakarta - Detikers tentu tidak asing dengan kata patriotisme. Namun, sebenarnya arti patriotisme adalah apa sebenarnya?


Berbeda dengan pahlawan yang rela berkorban untuk mencapai kemerdekaan, arti patriotisme saat ini mencakup hal yang lebih luas. Mulai dari rela berkorban dari hal kecil hingga hal besar dalam bentuk apapun.


Pengertian Patriotisme


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), patriotisme adalah sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.


Sementara menurut buku "Jiwa Patriotisme" oleh Sri Kartini (2020), patriotisme berasal dari kata patriot dan isme, artinya sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan. Adapun yang dimaksud dengan patriotisme dijelaskan menjadi beberapa pengertian.


1) Patriotisme merupakan sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya, semangat cinta tanah air.


2) Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara.


3) Patriotisme adalah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan penuh semangat, rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran bangsa.


  • Apa Perbedaan Patriotisme dan Nasionalisme?


Secara umum, patriotisme dan nasionalisme memiliki kaitan erat. Untuk bisa memiliki jiwa patriotisme maka seseorang harus memiliki rasa nasionalisme.


Jika patriotisme adalah jiwa rela berkorban demi negaranya, maka nasionalisme adalah paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa.


Nasionalisme juga bisa dikatakan sebagai suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.


Dengan kata lain, rasa nasionalisme bisa muncul saat solidaritas dibutuhkan, seperti saat saudara sebangsa dan senegara tertimpa musibah atau hal yang kurang beruntung.


  • Contoh Patriotisme dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk memiliki sikap patriotisme tidak harus berkorban dalam perang seperti pejuang terdahulu, namun bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-sehari sejak dini.


Contoh sikap patriotisme dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.


- mengenal hari-hari besar nasional serta memahami maknanya


- Menyanyikan lagu-lagu nasional dan memahami maknanya dengan semangat kebangsaan


- membaca buku-buku tentang pengetahuan bangsa dan negara


- mengikuti upacara bendera pada hari Senin maupun hari besar nasional dengan semangat mendoakan dan menghormati jasa pahlawan


- memiliki sikap saling membantu, tolong menolong, dan kerukunan di lingkungan rumah sebagai wujud persatuan nasional

Itulah penjelasan tentang apa itu patriotisme dan beberapa sikap patriotisme dalam kehidupan sehari-hari. Jadi semakin paham kan, detikers? Yuk tanamkan jiwa patriotisme dalam kehidupan sehari-hari!

Simak Video "Ditunjuk Jadi Duta Bela Negara, Atta Halilintar Akui Bangga"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia