Profil KH Ahmad Lutfi Fathullah, Ahli Hadits Cucu Guru Mughni Asal Betawi

Lusiana Mustinda - detikEdu
Senin, 12 Jul 2021 11:12 WIB
Ahmad Lutfi Fathullah
Foto: Majelis Ulama Indonesia
Jakarta -

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Umat Islam kembali berduka, pada Ahad (11/07) salah satu ulama asal Betawi sekaligus ahli di bidang hadits meninggal dunia. Ini profil KH Ahmad Lutfi Fathullah.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un telah berpulang ke Rahmatullah guru kita, Kiai Lutfi jam 8.22 WIB di RSUD Pasar Minggu," kata Yusuf Mansur dalam video yang diunggahnya di Instagram pada Senin (12/07).

KH Ahmad Lutfi Fathullah adalah sosok ulama yang berpengaruh di Jakarta. Memiliki nama lengkap Dr. Kh. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc, MA. Beliau sering menambahkan nama Mughni di belakang namanya, ini menandakan bahwa ia masih keturunan seorang guru Betawi terkemuka yaitu Guru Mughni Kuningan.

Dr. Kh. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc, MA pada 25 Maret 1964, beliau lahir di Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pendidikan

Sewaktu kecil, beliau mengaji pada pamannya yaitu KH Ali Syibromalisi. Setelah tamat sekolah dasar, KH. Ahmad Luthfi Fathullah melanjutkan pendidikan ke Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Gontor, beliau melanjutkan pendidikan S1 di Damascus University, Fakultas Syariah Jurusan Fiqh wa Usulih. Lalu S2 di Jordan University, Fakultas Syariah, mayor Hadits minor Tafsir.

Selesai S2, KH. Ahmad Luthfi Fathullah melanjutkan pendidikan S3 ke University Kebangsaan Malaysia, Fakultas Pengajian Islam dengan kajian utamanya Hadits.

Mengajar di beberapa kampus

Setelah belajar banyak ilmu dari berbagai universitas, KH. Ahmad Luthfi Fathullah mengajar di beberapa kampus pascasarjana seperti UI Jakarta, UIN Jakarta, UIN Bandung, UMJ, UM Solo, UM Bengkulu, UM Tangerang, Program Interdiciplinary Islamic Studies Ms Gill Canada-UIN Jakarta hingga UIN Bandung.

Cucu Guru Mughni

Mengenang sosok KH. Ahmad Lutfi Fathullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan bahwa "Pernah liat masjid megah di Jalan Gatot Subroto, dekat jalan tembus ke Mega Kuningan? Namanya Masjid Baitul Mughni," tulis Anies dalam akun Instagramnya.

Masjid tersebut awalnya didirikan oleh Guru Mughni dengan nama lengkapnya KH. Abdul Mugni. Beliau adalah salah satu ulama paling terkenal di masanya. Dan menjadi sebuah tempat yang sangat tersohor serta legendaris di tanah Betawi ini.

"Cucu Guru Mughni yaitu KH. Lutfi bin Fathullah bin Abdul Mughni merupakan ahli hadits yang wawasannya sangat luas, pengetahuannya amat dalam dan sangat melek iptek," jelas Anies Baswedan.

Ahli Hadits

Anies juga menambahkan KH. Lutfi juga inovatif, ia membuat berbagai macam aplikasi penunjang belajar agama dan untuk kegiatan ibadah. KH. Luthfi juga dikenal sebagai Direktur Pusat Kajian Hadits Jakarta. Seorang ustadz, mubaligh yang sangat alim, sangat energik dan dinamis.

Dilansir dalam NU, karena kecintaannya pada ilmu hadits dan untuk meningkatkan pemahaman serta memudahkan umat dalam belajar dan mendapat referensi tentang hadits, ia juga mendirikan Pusat Kajian Hadits (PKH). PKH ini telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Pernah menjabat sebagai Ketua Basnas-Bazis DKI Jakarta

Sejak tahun 2019, KH. Lutfi memegang amanah sebagai Ketua Basnas-Bazis DKI Jakarta, yang dalam kepemimpinannya amat banyak membuat terobosan dan menggelarluaskan manfaat yang luar biasa pada kaum dhuafa dan anak-anak yatim di Jakarta.

"Selama pandemi beliau luar biasa aktif membantu meringankan beban begitu banyak orang," tulis Anies Baswedan.



Simak Video "Sunat ala 'Bengkong' Betawi, Prosesnya Diklaim Cuma 2 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia