Ketentuan PPPK Guru 2021 Bagi Penyandang Disabilitas, Simak di Sini

Kristina - detikEdu
Minggu, 11 Jul 2021 06:32 WIB
CPNS 2021
Ketentuan PPPK Guru 2021 Bagi Penyandang Disabilitas, Simak di Sini (Ilustrasi Foto Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Pendaftaran PPPK Guru 2021 masih dibuka hingga 21 Juli mendatang. Bagi penyandang disabilitas, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran.

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021, pelamar PPPK Guru 2021 terdiri dari:

1. Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN;

2. Guru Honorer yang masih aktif mengajar di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;

3. Guru yang masih aktif mengajar di Sekolah Swasta dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;

4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud;

THK II adalah orang yang terdaftar dalam database eks tenaga honorer BKN. Sedangkan, guru honorer adalah orang yang ditugaskan sebagai guru bukan ASN di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Pada tahun ini, kebutuhan formasi dari masing-masing pemerintah daerah cukup beragam. Untuk mengetahui formasi yang dibutuhkan, pelamar dapat mengakses laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id. Kemudian, pilih menu Layanan Informasi. Lalu klik Info Lowongan dan lengkapi form isian yang dibutuhkan.

PPPK Guru 2021 juga terbuka untuk penyandang disabilitas. Hanya saja, ada beberapa ketentuan yang perlu dipahami pelamar sebelum melakukan pendaftaran. Berikut ketentuan pelamar PPPK Guru 2021 bagi penyandang disabilitas dilansir akun media sosial BKN:

Ketentuan Umum PPPK Guru 2021

1. Melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/ puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

2. Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai disabilitas.

Ketentuan Khusus PPPK Guru 2021

1. Penyandang disabilitas rungu tidak dapat melamar pada jabatan guru Bahasa Indonesia Ahli Pertama dan guru Bahasa Inggris Ahli Pertama.

2. Penyandang disabilitas daksa tidak dapat melamar pada jabatan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Ahli Pertama.

3. Penyandang disabilitas netra tidak dapat melamar pada jabatan guru Seni Budaya Keterampilan Ahli Pertama.

Pastikan pelamar memperhatikan setiap poin ketentuan terlebih saat mengisi data. Jika sudah melakukan klik "Akhiri Pendaftaran" di halaman Resume, pelamar sudah tidak bisa memperbaiki data pendaftaran.

Namun demikian, apabila ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki setelah terkirim maka data tersebut dapat diperbaiki setelah lulus ujian dan akan diproses pada waktu pemberkasan penetapan NIP PPPK Guru 2021.



Simak Video "Pemerintah Buka Lowongan Sejuta Guru PPPK, Simak Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia