Kisah Kedatangan Pasukan Jepang Berhasil Menguasai Batavia pada 1942

Ra - detikEdu
Kamis, 08 Jul 2021 15:00 WIB
Hari ini, 22 Juni 2019, kota Jakarta memperingati HUT ke-492. Penasaran seperti apa kota Jakarta di masa lalu? Yuk, lihat.
Foto: Getty Images/Kisah Kedatangan Pasukan Jepang Berhasil Menguasai Batavia pada 1942
Jakarta - Jepang menjadi salah satu negara yang sempat menjajah Indonesia. Bahkan, sempat menguasai Batavia atau yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta. Berikut kisah kedatangan pasukan Jepang berhasil menguasai Batavia pada tahun 1942.

Kisah ini bermula dari Jepang yang mengalami pembaharuan besar-besaran pada masa pemerintahan Tenno Meiji. Pembaruan ini disebut dengan Restorasi Meiji yang mengubah Jepang menjadi negara industri modern sekaligus negara imperialis.

Status negara yang sudah berubah menjadi negara industri ini membuat Jepang berencana untuk membangun imperium di Asia. Imperium Jepang di Asia bertujuan untuk membendung imperialisme Barat di Asia.

Usahanya tersebut justru memicu pecahnya Perang Pasifik. Hal inilah yang menjadi sejarah awal pendudukan Jepang di Indonesia.

Pada 8 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Harbour, Hawaii yang dimaksudkan untuk melumpuhkan kekuatan Amerika Serikat di Pasifik.

Dengan demikian, penyerangan Jepang ke negara-negara Asia Tenggara dapat berjalan lancar. Alasan Jepang sangat berambisi untuk menguasai Asia Tenggara, salah satunya Indonesia, adalah untuk menarik sumber bahan mentah guna membiayai perang Jepang.

Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial karya Dwi Tyas Utami, dkk, Jepang berhasil menghancurkan kekuatan Sekutu (Inggris, Amerika. Belanda, Australia) di wilayah Asia. Tidak terkecuali tanah jajahan para negara Sekutu, termasuk Indonesia di dalamnya.

Pada saat itu, Jepang berusaha merebut wilayah Nusantara dengan cara menyerbu daerah-daerah yang kaya akan sumber kekayaan alam seperti, Pulau Tarakan pada 11 Januari 1942.

Pulau Tarakan di Kalimantan Utara dinilai sebagai daerah penting karena merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi terbesar. Setelah Tarakan, selanjutnya Jepang mulai menduduki daerah-daerah lain dengan rincian sebagai berikut.

- Menguasai Balikpapan pada 24 Januari 1942;
- Menguasai Pontianak pada 29 Januari 1942;
- Menguasai Samarinda pada 3 Februari 1942;
- Menguasai Kotabangun pada 5 Februari 1942;
- Menguasai Banjarmasin pada 10 Februari 1942;
- Menguasai Palembang pada 16 Februari 1942.

Kemudian, Jepang memulai penyerbuannya ke Pulau Jawa. Pendudukannya ini dilakukan melalui tiga arah di antaranya, dari utara (Kalimantan), arah barat (Sumatera), dan timur (Sulawesi dan Bali).

Cara tersebut berhasil membuat pasukan Jepang yang dipimpin Letnan Jenderal Hitoshi Imamura mendarat di Teluk Banten dan Kranggan, Jawa Tengah, pada 1 Maret 1942. Dari sinilah pasukan Jepang mulai menyerbu daerah penting hingga pusat pemerintahan Belanda di Pulau Jawa.

Sehingga pasukan Jepang berhasil menguasai Kota Batavia atau yang sekarang disebut dengan Jakarta pada tanggal 5 Maret 1942. Pasukan Jepang berhasil menguasai Batavia.

Serangan Jepang tersebut pada akhirnya berakhir pada peristiwa penyerahan kekuasaan Hindia Belanda atau Belanda kepada Jepang di Kalijati, Subang, pada tanggal 8 Maret 1942.

Panglima Angkatan Perang Hindia Belanda Letnan Jenderal Ter Poorten atas nama seluruh angkatan perang Sekutu menyerah kepada Letnan Jenderal Hitoshi Imamura atas nama angkatan perang Jepang untuk Indonesia.

Hal inilah yang membuat kekuasaan pemerintah Hindia Belanda berakhir dan Indonesia berada di bawah pendudukan Jepang.

Nah, bagaimana detikers? Sekarang sudah paham sejarah pasukan Jepang berhasil menguasai Batavia pertama kalinya, kan?

Simak Video "Jepang Akan Terapkan Darurat Corona di Tokyo Sampai 22 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia