Lawan COVID-19, Gubernur Anies Bagikan Tips Edukatif saat Libur Akhir Pekan

Kristina - detikEdu
Sabtu, 19 Jun 2021 15:06 WIB
PPKM DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 28 Juni, Ini Fakta-faktanya
Foto: Karin/detikcom
Jakarta - Belakangan ini kasus COVID-19 di berbagai wilayah Indonesia melonjak tinggi. Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membagikan tips edukatif saat libur akhir pekan kepada seluruh masyarakat.

"Assalamualaikum wr wb. Ini hari Sabtu pagi, saya ingin mengirimkan pesan untuk semua, yuk kita di rumah saja. Hari Sabtu-Minggu ini dihabiskan bersama keluarga," ucap Anies dalam mengawali himbauannya lewat Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Anies, menahan diri di rumah untuk tidak bepergian memiliki banyak manfaat. Selain bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga, tentu mengurangi potensi terpapar COVID-19.

Dikutip dari buku Geliat Dunia Kesehatan Indonesia di Masa Pandemi COVID-19 oleh Dessy Hidayati Fajrin, M.Kes dkk, semakin tinggi pengetahuan, maka semakin terhindar pula perilaku dan sikap negatif masyarakat terhadap COVID-19.

Temuan tersebut menjelaskan betapa pentingnya edukasi kesehatan untuk meningkatkan sikap dan perilaku masyarakat.

"Kesimpulan ini mengindikasikan akan pentingnya edukasi kesehatan yang nantinya akan meningkatkan sikap dan perilaku masyarakat," paparnya seperti dikutip, Sabtu (19/6/2021).

Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memberikan nilai edukasi yakni dengan memaksimalkan peranan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

Sebagaimana disampaikan Anies dalam himbauannya, peranan masyarakat untuk tidak bepergian dalam Sabtu-Minggu ini merupakan langkah penting yang bisa dilakukan.

Berikut tips edukatif ala Anies Baswedan untuk mencegah penularan COVID-19:

1. Tidak bepergian kecuali penting dan mendesak serta untuk hal-hal yang pokok saja.

2. Hindari potensi penularan semaksimal mungkin.

3. Beli makan take away saja.

4. Proses yang harus dijalani ketika terpapar COVID-19 tidak sederhana, maka hindari penularan.

5. Kapasitas rumah sakit makin terbatas, hindari untuk tidak bepergian supaya tidak menyesal.

5. Olahraga tetap bisa dilakukan. Seperti bersepeda atau lari. Yang tidak boleh adalah berkerumun. Anies mengatakan, yang salah bukan olahraganya, tapi aktivitas berkerumun saat olahraga.

6. Pandemi masih ada, jangan lelah karena virusnya belum lelah.

7. Sabar, tuntaskan vaksinasi. Sambil menunggu itu semua tuntas, maka dirumah saja.

8. Habiskan waktu Sabtu-Minggu bersama keluarga.

"Sabtu-Minggu ini kita habiskan waktu bersama keluarga. Semuanya bisa sehat, semuanya bisa terjauhi dari potensi penularan," tutup Anies.

Simak Video " 5 Lokasi Sumber Penularan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia