4 Cara Melatih Rasa Tanggung Jawab pada Anak

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 17:10 WIB
Ilustrasi anak membersihkan dan merapikan rumah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Orang tua memang harus melatih rasa tanggung jawab kepada anak. Karena tanggung jawab ini menjadi salah satu sikap yang harus dimiliki setiap orang.

Anak-anak yang memiliki rasa tanggung jawab biasanya lebih mandiri. Dengan tanggung jawab yang sudah ditanamkan sejak kecil, tentu anak-anak dapat mampu mengendalikan diri dan tidak berpikir terlebih dulu apa risikonya sebelum bertindak.

Dan yang paling penting adalah tidak menyalahkan orang lain ketika dirinya yang salah. Nilai tanggung jawab juga bermanfaat untuk melatih daya juang, kemampuan memecahkan masalah dan meningkatkan rasa percaya diri.

Dikutip dalam laman Kemendikbud Ristek pada (08/06/2021) ada 4 cara melatih tanggung jawab anak yang bisa dilakukan orangtua:

1. Pemahaman apa itu tanggung jawab

Sebelum mengajarkan, orang tua bisa mengawali dari memberikan pemahaman apa itu tanggung jawab. Penjelasan sebab dan akibat dapat membantu anak memahami arti dari tanggung jawab. Dan tegaskan juga apa yang dilakukan untuk tanggung jawab serta ingatkan anak untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.

2. Ajari si kecil untuk memecahkan masalah

Ketika mendapati anak membuat sebuah kesalahan, kita bisa memberikan pilihan pada anak. Ternyata cara ini dapat merangsang anak untuk membuat pilihan ketika dihadapkan dengan suatu masalah, memikirkan sebab akibat dan akhirnya dapat membuat keputusan yang paling tepat.

3. Kenalkan anak dengan peraturan

Berikan penjelasan pada anak mengenai peraturan yang ada. Paparkan juga terkait konsekuensi yang akan didapat jika anak melanggar peraturan. Dengan ini anak akan mengikuti aturan sebaik mungkin dan lebih berhati hati dalam berbicara atau bertindak.

4. Beri tahu anak bahwa melakukan kesalahan tidak selalu buruk

Jelaskan si kecil bahwa melakukan sebuah kesalahan, hal ini adalah hal yang wajar dan tentu semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, jangan sampai anak mengulangi kesalahan yang sama.

Jangan lupa berikan pujian kepada anak jika telah berani mengakui dan bertanggung jawab atas apa yang sudah ia lakukan.

Itulah beberapa cara melatih rasa tanggung jawab kepada anak. Dengan penuh rasa tanggung jawab pasti si kecil bisa lebih menghargai orang lain.



Simak Video "Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dihentikan Mulai Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia