Diskriminasi adalah Sikap Membatasi, Ini Definisi dan Contohnya

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 06 Jun 2021 09:00 WIB
Peringatan Hari Perempuan Internasional dimanfaatkan untuk suarakan aspirasi para wanita di dunia. Beberapa di antaranya hapus kekerasan dan diskriminasi gender
Foto: AP Photo
Jakarta - Diskriminasi adalah sikap yang harus dihindari sedini mungkin. Sikap diskriminatif dapat membuat seseorang membatasi hak-hak orang lain.

Lantas, apa yang dimaksud dengan diskriminasi? Bagaimana pengertian diskriminasi yang sebenarnya?

Diskriminasi menurut KBBI Kemdikbud adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya). Selanjutnya, jika mengacu pada Oxford Learner's Dictionaries, maka pengertian dari diskriminasi adalah mengenali adanya perbedaan antara orang-orang atau hal-hal.

Arti lain dari diskriminasi menurut Oxford Learner's Dictionaries adalah sikap menunjukkan perbedaan antara orang-orang atau hal-hal. Jadi, diskriminasi jika menurut Oxford Learner's Dictionaries dapat menjadi sikap yang netral ataupun buruk, tergantung pada perilaku diskriminasinya seperti apa.

Namun, jika merujuk pada undang-undang, sikap diskriminasi juga memiliki pengertiannya sendiri. Mengutip dari Bappenas RI, berikut ini pengertian diskriminasi.

Dalam pasal 1 ayat 3 UU no. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dinyatakan bahwa diskriminasi adalah setiap pembatasan, pelecehan, atau pengecualian yang langsung maupun tidak langsung didasarkan pada pembedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan politik yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau penghapusan, pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik individual maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, dan aspek kehidupan lainnya.

Menurut Bappenas RI, jika merujuk pada pengertian pasal 1 ayat 3 UU no. 39 tahun 1999, maka diskriminasi adalah isu yang urgensi dalam penyelenggaraan pelayanan umum. Hal ini terutama dalam pemenuhan hak-hak WNI sebagaimana diatur UUD 1945.

Selanjutnya, menurut UU RI no. 29 tahun 1999 tentang Pengesahan Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial 1965, dinyatakan bahwa Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dan merupakan negara hukum yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta menjamin semua warganya dengan kedudukan yang sama di mata hukum sehingga segala bentuk diskriminasi rasial harus dicegah dan dilarang.

Jika mengacu pada pengertian KBBI Kemdikbud dan pasal 1 ayat 3 UU no. 39 tahun 1999, maka diskriminasi adalah sikap negatif. Berdasarkan jenis-jenisnya, diskriminasi ada beberapa, yaitu:

Jenis-jenis diskriminasi

Diskriminasi juga terdiri dari beberapa jenis. Menurut buku Memahami Diskriminasi yang ditulis oleh Fulthoni dkk., ada beberapa jenis diskriminasi yang sering terjadi, yaitu:

1. Diskriminasi berdasarkan suku, ras, dan agama.
2. Diskriminasi berdasarkan jenis kelamin dan gender.
3. Diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.
4. Diskriminasi terhadap penyandang HIV/AIDS.
5. Diskriminasi berdasarkan kasta sosial.

Kini kita telah mengetahui beberapa jenis diskriminasi, lalu bagaimana dampaknya terhadap yang bersangkutan? Ini dia dampak diskriminasi, baik dari sisi korban maupun pelaku diskriminasi

Dampak diskriminasi

Menurut buku yang sama, dampak diskriminasi tidak hanya dirasakan oleh korban, namun juga pelakunya. Pertama, dari sudut pandang korban, diskriminasi akan membuat seseorang mengalami pengurangan, penyimpangan, hingga penghapusan pengakuan, pelaksanaan, serta pemenuhan hak-hak dasarnya sebagai manusia.

Melihat kilas balik sejarah, diskriminasi menghilangkan kemanusiaan seseorang. Namun, perlu digarisbawahi bahwa yang kehilangan kemanusiaannya ini tidak hanya korban, namun juga pelaku diskriminasi.

Jadi, diskriminasi adalah hal yang wajib dihindari jika mengacu pada pengertian KBBI Kemdikbud dan UU no. 39 tahun 1999 pasal 1 ayat 3.



Simak Video "Pandangan Dian Sastro Soal Diskriminasi Gender di Tempat Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia