Mendidik Anak Secara Sunnah, Meneladani Nabi Muhammad SAW

Tim detikEdu - detikEdu
Sabtu, 29 Mei 2021 13:49 WIB
5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran
Mendidik Anak Secara Sunnah, Meneladani Nabi Muhammad SAW (Ilustrasi: Getty Images/faidzzainal)
Jakarta - Pola mendidik anak secara sunnah adalah menerapkan pendidikan anak yang berkiblat dengan cara Rasulullah dalam mendidik keluarga serta sahabat beliau. Rasulullah Muhammad SAW merupakan teladan terbaik yang tidak hanya mengajarkan bagaimana cara beribadah dengan benar, namun juga bagaimana mengatur suatu keluarga hingga Negara.


Rasullulah sendiri menegaskan bahwa beban tanggung jawab dalam pendidikan anak berada di pundak orang tua. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk bisa menerapkan pola pendidikan yang tepat bagi anak mereka. berikut merupakan tahapan pendidikan anak yang sesuai dengan ajaran Rasullullah.

Bagaimana Mendidik Anak dalam perspektif Islam


Anak adalah titipan Allah yang kelak ketika sudah dewasa akan lepas dari orang tuanya dan hidup mandiri. Oleh sebab itu, orang tua harus membekali anak mereka dengan keimanan kuat dan aturan serta prinsip tegas dalam menjalani kehidupan. Begitu pula bekal pengetahuan dan pengajaran. Meski begitu, saat ini jarang orang tua yang menerapkan pendidikan islam bagi putra mereka.



Padahal, dalam Al-Quran dan Sunnah yang dijadikan rujukan dalam pendidikan anak secara Islam, terdapat metode serta cara untuk mendidik dan membentuk karakter anak. Cara mendidik anak pun disesuaikan dengan kematangan berpikir dan usia anak.

Pendidikan yang didasarkan pada kasih sayang dan lemah lembut membuat anak memiliki pribadi yang toleran dan peka. Dalam menegur anak, Rasul mencontohkan untuk memukul tanpa bermaksud melukai. Memukul di sini dilakukan pada area yang tidak merusak fungsi tubuh dan syaraf.

Bagaimana Anak Usia 0-6 tahun Dididik Secara Sunnah

Anak pada usia 0-6 tahun adalah usia golden age atau usia emas. Pada masa ini perkembangan anak sangat cepat dan harus dirangsang dengan tepat. Stimulus dengan menggunakan mainan edukasi sangat dianjurkan. Selain itu, berikan kasih sayang, bangun kedekatan dengan anak dan bertutur kata lembut kepada mereka. buat anak merasa aman dan nyaman. Jangan pernah biasakan memukul anak ataupun memarahi anak.

Mendidik Anak Usia 7-14 tahun

Pada usia ini, mulai kenalkan tanggung jawab dan kedisiplinan. Mulai latih anak untuk mendirikan sholat 5 waktu dengan tepat. Berikan sanksi jika anak tidak mendirikan shalat. Jika sanksi berupa pukulan, maka jangan berikan pukulan menyakitkan. Selain itu, mulai pisahkan tempat tidur mereka.

Mendidik Anak Usia 15-21 tahun

Di masa ini, anak cenderung mulai memberontak. Hal ini dikarenakan anak memasuki masa pubertas. Gunakan pendekatan yang baik dan halus ketika anak melakukan kesalahan. Bangun rasa nyaman anak sehingga anak menganggap sebagai sahabat. Jika memiliki saudara, hendaknya saat memarahi atau menghardik anak tidak di depan saudara mereka. Hal ini agar mereka tidak jatuh harga dirinya.

Mendidik anak usia 21 tahun ke atas

Pada masa usia ini, anak mulai diberikan kepercayaan dan kebebasan. Namun begitu, kebebasan yang diberikan tetap harus memiliki konsekuensi berupa tanggung jawab dan tidak menyalahi peraturan. Sebagai orang tua, detikers memiliki peran untuk mengarahkan ketika anak mengalami kesulitan dan memantau mereka. Berikan kebebasan anak untuk membuat keputusan.

Mendidik Karakter Anak Sesuai Sunnah

Dalam perspektif Islam, karakter berkaitan dengan akhlak. Pendidikan moral dan etika merupakan unsur penting dalam membangun anak yang berkarakter. Bagaimana seorang anak berkembang dan karakter mereka ditentukan oleh pola pendidikan dalam lingkup keluarga. Membangun karakter anak yang berakhlakul karimah tidak bisa hanya dengan mengandalkan pendidikan formal saja.

Bagaimana orang tua mampu mendidik, mengawasi dan memberikan teladan kepada anak sangat berpengaruh dalam mencetak generasi yang unggul. Dengan menerapkan pola mendidik anak secara sunnah, tak hanya membangun fisik, mental tapi juga spiritual dan interpersonal yang baik.

Simak Video "Hotman Paris Cari Anak Awak KRI Nanggala, Ingin Bantu Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia