Sultan HB X Wajibkan Putar Indonesia Raya, Ini Sejarah Lagu dan Lirik 3 Stanza

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 20 Mei 2021 16:30 WIB
Karyawan, anggota komunitas serta pedagang di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah (Jateng) memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Kamis (20/5/2021). Peringatan diadakan tepak pukul 10.00 WIB ini dengan mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Foto: Ari Purnomo
Jakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi baik pemerintahan maupun swasta untuk memutar lagu Indonesia Raya dengan lirik 3 Stanza setiap pagi. Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 29/SE/V/2021 itu mulai berlaku pada hari ini.

Namun, belum banyak yang mengetahui apa beda lagu Indonesia Raya lirik 3 Stanza dengan lagu Indonesia Raya yang biasa dinyanyikan hanya 1 Stanza setiap ada upacara atau peringatan khusus.

Sejarah Lagu

Dalam buku C. Hutabarat yang berjudul 'Meluruskan Sejarah dan Riwayat Hidup Wage Rudolf Soepratman', disebutkan W.R Soepratman pernah membaca sebuah tulisan di majalah terbitan Solo, Jawa Tengah, bernama Timbul yang isinya adalah "Alangkah baiknya jika ada seorang pemuda Indonesia yang dapat menciptakan lagu kebangsaan, karena bangsa-bangsa lain sudah memiliki lagu kebangsaan mereka sendiri."

Atas dasar itulah W.R Soepratman termotivasi dan mulai menulis teks lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya pun lahir pada pertengahan tahun 1928 dan pertama kali diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya di Kongres Pemuda Indonesia II.

Pada saat itu semua orang terpukau dengan lagu ciptaan W.R. Soepratman diperdengarkan. Seakan-akan lagu itu turut membakar semangat juang bangsa Indonesia.

Pada Kongres Pemuda Indonesia II inilah diputuskan bahwa lagu Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan Indonesia dan merupakan lagu resmi Indonesia yang wajib dinyanyikan saat upacara penting.

Lirik 3 Stanza

Selama ini lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan hanya satu stanza atau bagian pertama. Dengan adanya surat edaran dari Sultan HB X untuk memutar lagu Indonesia Raya dengan lirik 3 stanza, diharapkan masyarakat lebih paham terhadap sejarah dan makna lagu.

Berikut ini lirik lagu Indonesia Raya 3 Stanza:

I
Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
Hiduplah neg'riku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya,
Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya.

II
Indonesia, tanah yang mulia,
Tanah kita yang kaya,
Di sanalah aku berdiri,
Untuk selama-lamanya.

Indonesia, tanah pusaka,
Pusaka kita semuanya,
Marilah kita mendoa,
Indonesia bahagia.

Suburlah tanahnya,
Suburlah jiwanya,
Bangsanya, Rakyatnya, semuanya,
Sadarlah hatinya,
Sadarlah budinya,
Untuk Indonesia Raya.

Klik halaman selanjutnya

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia