Kenali 4 Jenis Rasi Bintang untuk Petunjuk Arah Beserta Artinya, Yuk!

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 18 Mei 2021 19:04 WIB
Dua bocah melihat pemandangan gugusan bintang Galaksi Bima Sakti yang terlihat di langit Kota Kupang, NTT, Sabtu (18/4/2020). Akibatnya padamnya listrik di Kota Kupang, warga pun berbondong-bondong keluar rumah untuk menyaksikan keindahan alam tersebut. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/Kenali 4 Jenis Rasi Bintang untuk Petunjuk Arah Beserta Artinya, Yuk!
Jakarta - Rasi bintang adalah kumpulan bintang yang terang. Tak hanya cantik, rasi bintang bisa digunakan sebagai penunjuk arah oleh para pelaut di tengah lautan.

Nah, ada empat rasi bintang yang perlu diketahui detikers. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pun merilis jenis-jenis rasi bintang dalam akun Instagram resminya.

4 Jenis Rasi Bintang untuk Petunjuk Arah:

  • 1. Ursa Mayor atau Biduk

Rasi bintang ini memiliki arti beruang besar. Para pelaut biasanya menjadikan rasi Ursa Mayor sebagai penunjuk arah Utara.

  • 2. Orion

Orion juga dikenal sebagai rasi bintang tertua yang dikenal manusia. Rasi bintang ini memiliki arti bintang pemburu dan biasa digunakan sebagai penunjuk arah Barat.

  • 3. Scorpio atau Kalajengking

Rasi bintang Scorpio dikenal sebagai salah satu rasi zodiak. Nah, biasanya, rasi ini digunakan sebagai penunjuk arah Tenggara atau Timur lho.

  • 4. Crux

Rasi bintang terakhir adalah Crux. Rasi ini adalah yang paling kecil dibandingkan yang lain. Bentuknya pun menyerupai layang-layang dan digunakan sebagai penunjuk arah Selatan.

Detikers, sudah pernah lihat rasi bintang yang mana nih?

Simak Video "Klarifikasi Kemdikbud soal Laptop: Harganya Bukan Rp 10 Juta per Unit!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia