Ternyata Begini Loh Cara Kadal Bernapas di Dalam Air

Kristina - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 09:00 WIB
kadal anolis
Foto: Getty Images/iStockphoto/phototrip/Ternyata Begini Loh Cara Kadal Bernapas di Dalam Air

Seperti diketahui, pengamatan terhadap proses pernapasan ulang pada kadal Anolis telah dilakukan beberapa kali oleh para ilmuwan. Mahler dan rekan penulis Richard Glor, dari University of Kansas, pertama kali mengamati pernapasan ulang Anolis di Haiti pada tahun 2009. Tetapi mereka tidak dapat melakukan pengamatan atau eksperimen lebih lanjut.

Rekan penulis lainnya, Lindsey Swierk, dari Binghamton University, State University of New York, menggambarkan perilaku yang sama pada spesies Kosta Rika pada tahun 2019. Pengamatan awal ini menunjukkan bahwa pernapasan ulang adalah adaptasi untuk menyelam, tetapi gagasan ini belum diuji sampai sekarang.

Hal tersebut yang membuat Boccia tertarik pada Anole akuatik setelah bertemu di Panama. Dia memulai penyelidikan pernapasan ulang di Kosta Rika pada 2017 dan melanjutkan penelitian di Kolombia dan Meksiko.

Temuan pada kadal Anolis ini dapat memperkaya pengetahuan tentang cara-cara kreatif dan tak terduga yang dilakukan organisme untuk menghadapi predator.



Simak Video "Kadal Mesir, Si Purba Berduri dari Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia